Situs Pangeran Pesarean jadi Tempat Wisata Religi dan Budaya

oleh -67 views
TRADISI. Pawai burok menggelar kirab budaya dalam rangka maulid Nabi Muhammad SAW di Situs Makam Pangeran Pesarean berlangsung meriah. FOTO: SUWANDI/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen menyenangkan bagi warga sekitar Situs Pangeran Pesarean, Kelurahan Gegunung, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon. Mereka merayakan bulan kelahiran sang nabi dengan suka cita. Apalagi, di saat-saat seperti itu, terdapat pasar dadakan yang menjual aneka jajanan, mainan anak, aksesoris, dan sebagainya.

Lurah Gegunung, Abdul Roup SH MH mengatakan, peringatan maulid nabi selalu dibarengi atau dilaksanakan dengan kirab budaya. Pawai diiringi ratusan masyarakat kian menambah semarak. Tak jarang, sesekali menimbulkan antrean.

Namun begitu, kata Roup, peringatan maulid nabi harus dimaknai sebagai upaya untuk meneladani perilaku terpuji Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari, seperti gotong royong.

“Masyarakat Gegunung gotong royong mendukung atau melaksanakan peringatan maulid agar berjalan lancar dan semarak. Ini agenda rutin setiap tahun,” ujarnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin (4/11/2021).

Menurut Roup, antusias yang tinggi pada pagelaran tersebut juga dilatari atau dimotivasi oleh faktor ketokohan Pangeran Pesarean. Yang makamnya ada di komplek situs tersebut.

“Situs bernilai sejarah tinggi bagi warga Gegununung sehingga membangkitkan semangat dan kesadaran mereka untuk gotong royong secara swadaya menyiapkan kegiatan apapun,” jelas dia.

Budayawan dan ketua Paguyuban Pangeran Pesarean, R Hasan Ashari menegaskan, selain sebagai wadah pemersatu warga, situs tersebut juga menjadi objek wisata religi dan budaya yang menarik. Bangunan makam masih terawat, lingkungan bersih nan asri, fasilitas lengkap, ada museum, hingga lokasi mudah dijangkau.

“Saban hari ada saja tamu yang datang ke Pasarean. Mereka dari dalam dan luar kota. Mereka tertarik dengan sejarah dan eksotisme situs,” pungkasnya. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.