Mahasiswa PPL IAIN Cirebon Bantu Bagikan Daging Kurban

oleh -24 views

RAKYATCIREBON.ID – Mahasiswa Praktik dan Pengalaman Lapangan (PPL) IAIN Syekh Nurjati Cirebon bagi – bagi daging kurban yang sudah dimasak untuk para santri Ponpes Al-Hikmah, Benda Sirampog, Brebes, Rabu (21/7). Bagi para santri, ini adalah kabar gembira. Karena mereka bisa makan-makan besar yang hanya setahun sekali saat Idul Adha tiba.

Secara keseluruhan, jumlah santri putra dan putri di Ponpes Al-Hikmah berjumlah 1.500 orang. Karenanya pembagian daging kurban dilakukan dua sesi. Pukul 14.00 WIB sampai 16.WIB atau berbarengan dengan jam makan siang jatahnya santri putra.

“Sistem pembagian jatah makan dari jam 2 siang sampai jam 4 sore khusus santri putra yang dibantu oleh para pengurus pondok,” ujar Kamaludin, salah satu peserta PPL.

Dia menambahkan, agar tertib dan lancar tidak berebut, setelah pukul 16.00 WIB sampai masuk waktu magrib langsung giliran santri putri menyantap daging kurban. Pembagian jatah santri putri dipimpin langsung Ketua Pondok Putri Al-Hikmah 1, Fitrotul Uyun. Suasana ramaipun muncul saat acara makan besar ini.

“Jalannya kegiatan tersebut yaitu bagi- bagi daging kurban yang sudah matang.dengan cara dijadwal agar tidak terlalu antri panjang dan si santri tersebut disuruh membawa piring dan sendok masing- masing agar lebih tertata dan praktis,” lanjut Kamal.

Saat proses pembagian, beberapa santri juga terlibat membantu. Santri putri kebagian menusuk sate. Sedangkan santri putra bertugas memotong hewan kurban kemudian mencacah tulang dan dagingnya.

Menariknya, hewan kurban didapat dari hasil iuran mandiri Rp25 ribu per santri. “Alhamdulillah mendapatkan sapi seberat bobot 1 ton,” ujar Fitrotul Uyun.

Usai pembagian daging kurban, santri pun secara tertib merapihkan bekas makan dan segera kembali melaksanakan kegiatan pesantren.

“Kami sangat berterima kasih kepada para panitia dan para santriwan santriwati yang sudah ikut membantu dan mensukseskan acara ini,” tukas Uyun. (kamal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.