Mahasiswa KKN-DR Roan Mingguan Bersama Pemuda Darul Fathonah

oleh -12 views

RAKYATCIREBON.ID – Mahasiswa peserta kuliah kerja nyata dari rumah (KKN-DR) IAIN Syekh Nurjati Cirebon adakan kegiatan roan bersama pemuda Darul Fathonah, Senin (19/7). Kegiatan ini guna menyambut perayaan Idul Adha keesokan harinya.

Roan biasanya diadakan seminggu sekali di hari Rabu. Namun dimajukan ke hari Senin untuk mempersiapkan kebersihan pada hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari Selasa (20/7).

Aziz salah satu pemuda penggerak roan mingguan menuturkan, kegiatan roan mingguan tersebut bertujuan untuk mencegah masyarakat membuang sampah sembarangan. Apalagi, di desa Tegalgubug Lor yang tersorot penghasil limbah dan sampah kain yang cukup banyak.

“Biasanya kita keliling di blok Darul Fathonah, dari ujung ke ujung. Kami pastikan tidak ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan, baik itu sampah kain ataupun sampah rumah tangga,” ujar dia.

Mahasiswa KKN-DR pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan roan mingguan tersebut. Sembari mengambil sampah dari tiap rumah, pemuda Darul Fathonah dan mahasiswa pun menyediakan kantong plastik sampah besar.

Ahmad selaku Ketua Roan Mingguan mengatakan, kantong plastik digunakan sebagai penampung sampah sementara agar masyarakat tidak buang sampah atau limbah sembarangan. Kantong plastik ini akan dibersihkan setelah seminggu.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua mahasiswa KKN-DR. Karena adanya bantuan dari mereka semua kegiatan roan kali ini berlangsung jauh lebih efektif dan tidak memakan banyak waktu seperti sebelum-sebelumnya,” katanya.

Ia juga menambahkan semoga dengan adanya bantuan mahasiswa ini dapat menggerakkan blok-blok lain di Desa Tegalgubug Lor untuk mengadakan kegiatan roan ini. (Noeha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.