Maghrib Mengaji Digencarkan Lagi

oleh -104 views
Sosialisasi gerakan magrib mengaji
Sosialisasi gerakan magrib mengaji

RAKYATCIREBON.ID – Saat ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon sedang gencar mensosialisasikan budaya magrib mengaji. Muncul lantaran ada kekhawatiran, terjadi penyusutan penghayatan terhadap nilai-nilai kearifan lokal. Disamping itu, sebagai investasi jangka panjang, dalam meningkatkan karakter generasi masa depan.

Langkah itupun, didukung Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, Ahmad Fawaz. Sebab, bisa meningkatkan kemampuan anak dalam hal baca-tulis Al-Quran serta meminimalisir kegiatan negatif remaja.

“Saya mendukung penuh kegiatan budaya mengaji ba’da maghrib ini. Selain untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-quran di kalangan pelajar, juga diharapkan bisa meminimalisir kegiatan-kegiatan yang tidak baik di kalangan anak dan remaja,” ujar Fawaz usai mengikuti sosialisasi peningkatan budaya mengaji ba’da magrib tahun 2021 di Kantor Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Selasa (23/11).

Ketua Fraksi PKS yang duduk di Komisi IV DPRD Kabupaten Cirebon ini melanjutkan, untuk mencapai kesuksesan kegiatan tersebut, tentunya harus difollow up secara serius oleh semua stakeholder yang ada. Dari mulai Pemdes sampai Pemda, artinya jangan hanya berhenti di sosialisasi saja.

“Bila perlu bupati membuat edaran kepada semua desa untuk menggalakkan program ini, dan mendorong penganggarannya baik dari dana desa ataupun APBD,” kata Fawaz usai

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Cirebon, Drs H Asdullah MM menjelaskan, banyak persoalan yang dihadapi oleh pemerintah daerah. Salah satunya, masih banyaknya ditemukan anak-anak yang belum bisa membaca Al-Quran.

“Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah, pertama melalui Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliya, kedua Gerakan Magrib Mengaji,” kata Asdullah, usai mengisi kegiatan sosialisasi tersebut.

Kedua hal itu, menurutnya, penting untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan. Selain akan membentuk karakter anak-anak yang memiliki akhlak baik, serta bisa membaca Al-Quran, juga untuk merealisasikan salah satu visi-misi Bupati Cirebon. 

“Kedua kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi dari visi misi bapak Bupati Cirebon. Visinya, yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Cirebon yang berbudaya, sejahtera, agamis, maju, dan aman. Dan misinya, Berbudaya, Sejahtera, Agamis, Maju, dan Aman,” pungkasnya. (zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.