Limbah Kayu Putih Terbakar, Warga Terisi Mulai Resah

oleh -23 views
DITANGANI. Petugas Polsek Terisi bersama petugas pemadam kebakaran Pertamina saat memadamkan sumber kepulan asap limbah kayu putih.

RAKYATCIREBON.ID – Warga di Desa Jatimunggul, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu diresahkan munculnya kepulan asap tebal yang sangat mengganggu pernafasan, kemarin (21/9). Asap itu diketahui bersumber akibat dari terbakarnya limbah produksi kayu putih.

Dari keterangan yang diperoleh, lokasi kebakaran berada di sekitar area pabrik yang memproduksi kayu putih milik Perhutani di desa setempat. Kepulan asap yang ditimbulkan sempat meresahkan warga karena mengakibatkan gangguan pernafasan.

Terhadap kejadian itu, petugas dari Polsek Terisi dan petugas pemadam kebakaran Pertamina berupaya melakukan pemadaman. Langkah ini untuk mengurangi kepulan asap tebal yang masuk ke pemukiman warga.

Diduga, limbah sisa produksi kayu putih tersebut ada yang sengaja membakarnya. Meski demikian, petugas kepolisian dari polsek setempat masih melakukan penyelidikan dan meminta keterangan sejumlah saksi.

Polisi juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Perhutani untuk mempercepat penanganan agar berkurangnya asap yang mengganggu pernafasan tersebut.

Bahkan polisi memastikan terkait sistem pengawasan dan pemeliharaan limbah, karena jika dilakukan pembakaran dianggap tidak sesuai dengan tempatnya.

Kapolsek Terisi, IPTU Hendro Ruhanda melalui Kanit Reskrim, Bripka Wahyudin membenarkan sumber kepulan asap tersebut berasal dari limbah produksi kayu putih yang terbakar. Keresahan warga sangat beralasan, karena asap yang ditimbulkan berdampak negatif terhadap kesehatan.

“Kami dari pihak kepolisian sudah melakukan kordinasi dengan pihak Perhutani menanyakan tentang sistem pengawasan limbah yang terbakar yang tidak sesuai dengan tempatnya, sehingga menimbulkan dampak negatif bagi warga sekitar. Kami juga sudah meminta keterangan sejumlah saksi dari warga setempat,” tukasnya. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.