Lima Kecamatan di Majalengka Tercepat Update Data Pemilih

oleh -5 views
PENGHARGAAN. KPU Kabupaten Majalengka memberikan penghargaan kepada kecamatan yang tercepat melaporkan pemutakhiran data. FOTO: PAI SUPARDI/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majalengka memberikan penghargaan kepada lima kecamatan yang dinilai tercepat dalam update dan pemutakhiran data penduduk di Kabupaten Majalengka.

Kelima kecamatan yang mendapat penghargaan adalah, Kecamatan Jatiwangi, Palasah, Sukahaji, Kasokandel dan Cingambul.

Penyerahan penghargaan dilakukan Ketua KPU Majalengka, Agus Syuhada MHI di hadapan puluhan anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU se-Jawa Barat, pada acara rakor digitalisasi kepemiluan serta diskusi kepemiluan hukum dan demokrasi di Aula KPU Majalengka.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Majalengka Agus Syuhada mengatakan, terkait daftar pemilihan berkelanjutan, berbasis digitalisasi, tentu data kependudukan harus bisa diakses oleh semua kalangan.

Sesuai surat edaran dari KPU RI, lanjutnya, KPU Kabupaten dan Kota harus melakukan pemutakhiran data pemilih KPU berkelanjutan. Sehingga untuk itu, pihaknya berkoordinasi dengan semua pihak. Terutama dengan Disdukcapil dan kecamatan. Hal itu dalam rangka penyajian data pemilih yang mutakhir.

“Kami memberikan apresiasi kepada 5 kecamatan yang paling cepat dan lengkap melakukan pemutakhiran data penduduk. Karena pendataan sendiri tidak mudah dan penuh dinamika. Ini menyangkut data kepindahan, kematian dan pemilih pemula. Tentunya selalu berubah-ubah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Jabar, Titi Nurhayati MHum mengaku bangga dengan pemberian reward kepada kecamatan oleh KPU Majalengka. Kegiatan tersebut menjadi kegiatan pertama di Indonesia. Sehingga ia berharap langkah dan strategi KPU Majalengka, bisa dijadikan role model. Bukan hanya di KPU Jabar, melainkan KPU kabupaten kota di seluruh Indonesia.

“Kecamatan sangat berkontribusi dalam mendukung pemutakhiran data pemilihan. Tentu saya sangat berterima kasih. Ini merupakan bukti kerja sama yang baik antara KPU dan pemerintah dalam pendataan berkelanjutan,” tuturnya.

Titi berharap agar semua kecamatan bisa melakukan pemutakhiran data secara faktual. Karena akan sangat efektif dan membantu, baik bagi KPU maupun pemerintah secara umum.

“Kami berharap desa dan kelurahan di bawah koordinasi kecamatan bisa meng-update pemutakhiran dan perubahan data dan menyajikan data secara faktual,” tambahnya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai perubahan data pemilih pemula per bulannya di Jawa Barat, Titi menuturkan berdasarkan data yang ada di KPU Jabar, pemilih baru atau pemula jumlahnya mencapai  40 sampai 50 ribu setiap bulan.

Terpisah, Camat Cingambul Abdul Azid mengaku bangga atas apresiasi yang diberikan KPU Majalengka. Terkait update  laporan kependudukannya soal data pemilih yang dilakukan kecamatan.

Di satu sisi, kata dia, update dan pemutakhiran data pemilih akan sangat membantu KPU, di sisi lain juga membantu dan melayani masyarakat dalam bidang kependudukan.

“Data pemilih berkaitan erat dengan hak pilih dalam pemilihan. Dan hal tersebut merupakan salah satu unsur yang bisa memicu konflik. Sehingga, jika data pemilih akurat, tentu bisa meminimalisir konflik dalam pesta demokrasi,” pungkasnya. (pai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.