Lia Jadi Kades Termuda di Desa Cikondang

oleh -26 views

RAKYATCIREBON.ID – Ada yang unik pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) kemarin, Pilkades yang dilaksanakan di Desa Cikondang Kecamatan Hantara melahirkan sosok Kepala Desa termuda dari 78 Desa yang melaksanakan Pilkades.

Sosok Kades termuda itu bernama Lia Nuryanah (27) dengan Nomor urut (2) dan memperoleh suara (405 suara). Sementara, lawannya bernama Kariaman dengan nomor urut (1) memperoleh suara (175 Suara) dan suara tidak sah (14 Suara) dengan total suara sah dan tidak sah (580 Suara).

Kades terpilih Lia Nuryanah saat dikonfirmasi mengatakan, rasa syukur atas amanah yang diberikan oleh masyarakat Desa Cikondang kepada dirinya.

“Kedepan, program unggulan yang akan direalisasikan ialah pertama Cikondang Caang (Caang Kebun) yang jelas ditanami dengan berbagai pohon-pohon. Karena sekarang banyak lahan pertanian, jadi tidak produktif dan disebabkan ada hama monyet dan babi,” kata perempuan kelahiran 1994 itu, Senin (29/11).

Perempuan lulusan Institut Pertanian Bogor (ITB) dengan mengambil jurusan Agronomi dan Holtikultura Fakultas Pertanian itu menyampaikan program unggulan ke-dua yaitu Satu RT Satu Produk.

“Jadi, tiap RT ada satu minimal produk usaha unggulan. Ke-tiga, Agroediwisata yakni Wisata Edukasi berbasis Pertanian. Ke-empat, mengoptimaliasi Pelayanan Air Bersih bagi masyarakat,” ujar Lia yang aktif di Komite tetap sepakbola wanita Askab PSSI Kuningan.

Selanjutnya, Lia mengatakan program unggulan ke-Lima, dana kematian 1 juta/ orang. Ke-enam, melakukan pelestarian Situs Sejarah dan Budaya Desa.

Untuk program ke-Tujuh, lanjut Lia, Cikondang Sport Center dan terakhir CSBJ (Cikondang Sentra Buah Jeruk.

“Cikondang Hirup mah janten desa tiasa tumbuh berkembang, cikondang hurip mah eta kedah tiasa mandiri, sareng kedah tiasa oge masihan ka lembur batur. Jadi cikondang teh ku potensi alam nu aya mere hirup jeung ka lemburna oge mere hirup ka lembur  nu lain, contoh cai, buah alpuket, jeruk,” tutur Lia berbahasa Sunda.

Selain itu, Lia menjelaskan bahwa berbakti dan membangun desa sesuai dengan potensi terutama sektor pertanian.

“Semua program berangkat dari keprihatinan berbagai elemen masyarakat ketika sedang silaturahmi. Taglinenya soalnya ini mah kan Cikondang Hirup Cikondang Hurip sareng Cikondang Motekar,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 kemarin, dari 78 kepala desa terpilih pada Pilkades, ada 9 orang kades mewakili kaum perempuan.

Kesembilan Kades baru yang mewakili kaum perempuan ini adalah dari Desa Babakanmulya Kecamatan Jalaksana, Desa Linggasana Kecamatan Cilimus, Desa Setianegara Kecamatan Cilimus, Desa Pajambon Kecamatan Kramatmulya dan Desa Cikupa Kecamatan Darma.

Kemudian Desa Tajurbuntu Kecamatan Pancalang, Desa Mekarjaya Kecamatan Pancalang, Desa Cikondang Kecamatan Hantara dan Desa Sindangsari Kecamatan Sindangagung.(ale)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.