Korem 063/SGJ Seleksi 181 Calon Komcad

oleh -12 views
SELEKSI KOMCAD. Para peserta calon komponen cadangan (Komcad) yang berjumlah 181 orang, memperlihatkan kemampuan fisik pada seleksi yang digelar di Makorem 063/SGJ. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Seleksi calon anggota komponen cadangan (Komcad) program Kementerian Pertahanan RI, sudah dimulai. Korem 063/SGJ dipilih menjadi salah satu tempat seleksi. Sekitar 181 peserta dari wilayah Kabupaten Karawang, Subang, Purwakarta diseleksi di Komplek Makorem 063/SGJ, By Pass, Kota Cirebon.

Kepala Staf Korem 063/SGJ, Letkol Inf Heri Rustanto menyampaikan, dalam regulasi Komcad, Korem 063/SGJ masuk dalam Sub Panitia Daerah pendaftaran dan seleksi calon anggota Komcad. Kemudian setelah dinyatakan layak di tingkat panitia daerah, maka calon peserta berhak mengikuti tes selanjutnya di Rindam III/Siliwangi pada minggu ke II Juni 2021.

Sebelum peserta Komcad dari Kodim-Kodim Jajaran Korem 063/SGJ mengikuti seleksi di Kodam III/Siliwangi, terlebih dahulu Korem 063/ SGJ melakukan seleksi selama dua hari, mulai Rabu sampai Kamis. Materi yang diujikan antara lain pemeriksaan administrasi, kesegaran jasmani, seperti pull up dan renang dasar, sampai tes akademik.

“Saya minta agar penyelenggara tetap mengedepankan faktor keamanan di dalam pelaksanaan kegiatan. Juga transparan dan objektif dalam kegiatan seleksi awal ini,” ungkap Heri.

Dengan adanya seleksi di tingkat panitia daerah, Heri mengharapkan peserta yang berasal dari wilayah teritorial Korem 063/ SGJ bisa menunjukkan kemampuan terbaik saat seleksi di tingkat Kodam nanti. “Calon peserta Komcad dari wilayah Korem 063/SGJ harus mampu bersaing dengan wilayah-wilayah lainnya,” kata Heri.

Ia juga menekankan kepada panitia seleksi calon anggota  Komcad, untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Sehingga tidak muncul klaster-klaster baru dari penyebaran Covid-19 di lingkungan pertahanan.

“Kepada para peserta dan masyarakat, pendaftaran calon anggota Komcad ini gratis dan tidak dipungut biaya. Ada 181 orang dari tiga wilayah yang mengikuti seleksi di sini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, komponen cadangan (Komcad) sebagai bagian integral pertahanan negara, berbeda dengan cadangan TNI/Bala Cadangan. Kalau pembinaan Cadangan TNI/Bala Cadangan dilakukan oleh Panglima TNI, pembinaan Komcad ini dilakukan langsung oleh Kementerian Pertahanan. Komponen Cadangan sendiri akan menjadi salah satu wadah dan bentuk keikutsertaan warga negara dalam usaha pertahanan negara. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.