Kemenag Tegaskan Dana Haji Bisa Diambil Kapan Saja

oleh -3 views
SOSIALISASI. Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Hj Itje Siti Dewi Kuraesin melakukan sosialisasi diseminasi keberangkatan ibadah haji pada akhir Oktober 2021 di Fitra Hotel. FOTO: HASANUDIN/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Telah dua tahun berselang keberangkatan haji ditangguhkan. Termasuk tahun 2021 ini. Keputusan pemerintah, melalui Kementerian Agama itu telah memutuskan berdasarkan hasil musyawarah dan kesepakatan bersama para alim ulama.

‎Reaksi masyarakat, terutama para calon jemaah haji yang giliran berangkat tahun 2020 dan giliran berangkat tahun 2021, terpaksa harus gigit jari.

Kloter keberangkatan yang sudah sangat dinantikan itu, berakhir dengan penundaan kembali.

Sebagian informasi dan berita hoaks, mengenai keberangkatan haji yang gagal ini pun, tak terbendung.

Pihak Kementerian Agama bekerjasama dengan komisi delapan DPR RI, memastikan bahwa ‎keberangkatan ibadah haji ke tanah suci Mekkah itu, berdasarkan asas untuk keselamatan bersama tidak memungkinkan untuk ribuan jamaah haji berkumpul dalam satu tempat, karena hal itu akan memudahkan virus Corona menular sangat cepat.

Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Dapil Sumedang, Majalengka dan Subang KH Maman Imanulhaq mengatakan, pembatalan keberangkatan haji tahun ini dan tahun sebelumnya, adalah untuk menyelamatkan umat manusia.

“Jika dipaksakan, madhorotnya akan semakin bertambah. Kita tidak menginginkan seperti India, yang bermula dari sungai Gangga,” ujarnya, kemarin.

Maman menyebutkan, bukan saja karena faktor adanya larangan dari negara Arab Saudi, namun hal ini merupakan kesepakatan internasional.

Dirinya menyebutkan, meski sebagai anggota DPR RI, yang punya paspor khusus, karena situasi pandemi Covid-19 masih berlangsung, pihaknya pun merasakan sendiri, tidak bisa bebas untuk memasuki negara yang akan dikunjunginya dalam rangka kunjungan kerja atau study banding.

“Covid-19 itu nyata, India dan sejumlah negara lain merasakannya, saya melihat beritanya. Kebijakan pemerintah untuk menunda keberangkatan haji merupakan keputusan yang tepat, karena ini menyangkut nyawa orang, nyawa untuk keselamatan kita semua,” ujarnya.

Maman menjelaskan, diakuinya banyak hoaks beredar mengenai Covid-19, hal itu disinyalir merupakan ulah kelompok yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Oleh karena itu, untuk menangkal berita hoaks, tak ada jalan lain, selain menggali dan terus membaca, serta bertanya kepada orang yang sanadnya jelas. Di sinilah pentingnya kita berliterasi dan banyak membaca serta diskusi, supaya kita terhindar dari hasutan hoaks,” tandasnya.

Senada dengan Maman, anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Hj Itje Siti Dewi Kuraesin, juga melakukan sosialisasi diseminasi keberangkatan ibadah haji pada akhir Oktober 2021 di Fitra Hotel.

Dia mengatakan, dana haji untuk calon jemaah haji, yang tidak berangkat tahun ini maupun tahun 2020 lalu, masih tersimpan dengan sangat aman.

“Dana haji masih tersimpan aman. Kalaupun mau diambil itu sangat bisa. Jadi jangan percaya pada berita-berita hoaks yang beredar,” ujarnya.

Kasi Haji dan Umroh pada Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, Hasan Syarif menegaskan, soal dana haji yang tersimpan, pihaknya berani menjamin masih aman tersimpan dan bisa diambil kapanpun. Hal itu seperti yang diungkapkan anggota DPRI RI.

“Dana haji masih tersimpan aman. Mohon agar para calon jemaah haji bersabar, dan kita semua berdoa supaya pandemi ini segera usai,” ungkapnya.

Terpisah, calon jemaah haji yang seharusnya berangkat haji tahun 2020 lalu, memang terlihat kecewa. Akan tetapi, setelah mendengar penjelasan dan pemaparan dari sosialisasi diseminasi keberangkatan ibadah haji bersama anggota DPR RI komisi delapan, pihaknya memutuskan untuk sabar menunggu dan tidak menarik dana haji-nya.

“Setelah mendengarkan pemaparan dan penjelasan yang gamblang, disertai fakta dalam sosialisasi tentang diseminasi keberangkatan ibadah haji, saya dan istri hanya bisa berdoa, supaya pandemi Covid-19 segera usai. Dan kita bisa berangkat tahun depan dengan aman dan nyaman,” ujar calon jemaah haji, M Ikin.(hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.