Kejari Ingatkan Kades Jangan Bermain-main dengan DD

oleh -1 views
PEMBINAAN. Rombongan Kejaksaan Negeri Kabupaten Majalengka memberikan edukasi dan penerangan mengenai persoalan hukum kepada kepala desa di Kecamatan Sindangwangi. FOTO: PAI SUPARDI/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Majalengka, menggelar pembinaan sadar hukum kepada para Kepala Desa di Kecamatan Sindangwangi.

Rombongan yang dipimpin langsung Bidang intelijen Kejaksaan Negeri Kabupaten Majalengka tersebut, hadir untuk menuntaskan program kerja dari Kejari Majalengka dalam rangka memberikan edukasi dan penerangan mengenai persoalan hukum.

Selain memberikan pembinaan hukum kepada para kepala desa, di Kecamatan Sindangwangi, pihak Kejaksaan sendiri sebelumnya sudah melakukan kegiatan serupa, dengan para kepala desa di Kecamatan Panyingkiran. Dan menyapa masyarakat melalui siaran radio, termasuk mendatangi Pondok Pesantren.

Dalam kegiatan tersebut, pembinaan yang dilakukan terhadap para kepala desa, lebih menitikberatkan pada penyuluhan dan penerangan hukum tentang pembangunan di Desa.

Kajari Majalengka, Eman Sulaeman SH MH mengatakan, pembinaan yang dilakukan pihaknya ke desa desa, merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan masyarakat sadar hukum di Kabupaten Majalengka.

“Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan para Kepala Desa akan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat di desanya, sehingga nantinya tercipta masyarakat sadar hukum,”ucapnya.

Sementara itu, Jaksa Sunadi SH dan Jaksa Arminto Putra SH bersama Kasi Intelijen Elan Jaelani SH MH menjelaskan, pembangunan di desa merupakan salah satu pilar penopang pembangunan di daerah. Sehingga harus sesuai dan sejalan dengan program pemerintah.

Selain itu pihaknya mewanti wanti agar para kepala desa berhati hati dan tidak main main dalam menggunakan dana desa (DD). Sebab jika keliru maka bisa bertabrakan dengan hukum.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran hukum dan juga memberikan dukungan kepada para kepala desa di Majalengka untuk bisa meningkatkan kesadaran hukum kepada masyarakatnya. Serta menghindari dari perilaku menyimpang dengan menyalahgunakan dana desa dan lainya”jelas Eman.

Sementara itu, Camat Sindangwangi Asep Badiuzzaman SE  mengaku sangat berterimakasih kepada para petugas Kejaksaan Negeri Majalengka, yang sudah datang dan memberikan edukasi kepada para kepala desa dan masyarakatnya.

Hal itu, kata dia, sangat penting guna memberikan edukasi  serta pemahaman yang lebih, terkait kehati hatian dalam menggunakan dana desa dan lainya dalam membangun desa.

“Kegiatan ini sangat positif dalam rangka menciptakan masyarakat sadar hukum , sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang persoalan hukum dan lainya. sehingga diharapkan nantinya akan tumbuh masyarakat yang sadar hukum,”ucapnya. (pai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.