Kajian Lintas Kampus Bahas Peran Pemuda Qurani Dambaan Bangsa

oleh -6 views

RAKYATCIREBON.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQTAF) IAIN Syekh Nurjati Cirebon gelar Kajian Lintas Kampus bersama jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Universitas Muhammadiyah Cirebon, Senin (6/12).

Acara yang berlangsung via zoom meeting ini mengangkat tema Pemuda Dambaan Qur’ani Harapan Bangsa dan Negeri. Dalam Kajian Lintas Kampus ini dihadiri oleh tiga narasumber dari tiga kampus yang berbeda.

Ketiga narasumber tersebut yakni dosen IAIN Cirebon Muhamad Sofi Mubarok SSI MHI, Kajur IAT UIN SGD Bandung Ecep Ismail MAg dan Kajur IAT UMC Dr Toto Santi Aji MAg.

Dalam acara Kajian Lintas Kampus ini, Ketua Pelaksana, Sinta Indriyani, yang dalam sambutannya diwakilkan oleh Kadiv Kajian dan Keilmuan, Reyazul Jinan Haikal, mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya kepada panitia, peserta dan pihak-pihak terkait dalam upaya menyelenggarakan kegiatan Kajian Lintas Kampus.

Sementara itu, Ketua Umum HMJ IQTAF, M Hisam dalam sambutannya menegaskan sebagai mahasiswa yang juga pemuda harus berkontribusi baik itu di lingkungan kampus maupun lingkungan masyarakat untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Kemudian ia juga mengatakan bahwa kegiatan Kajian Lintas Kampus ini juga merupakan ajang silaturahmi dengan sesama jurusan IAT yang ada di Jawa Barat.

“Kajian ini adalah ajang untuk bersilaturahmi dengan jurusan-jurusan IAT yang lain, khususnya yang ada di Jawa Barat. Harapan saya, dengan adanya kajian ini yang bertemakan pemuda, dapat mendongkrak semangat teman-teman mahasiswa untuk terus belajar dan tumbuh menjadi pemuda yang hebat yang dapat membangun negeri ini menjadi lebih baik,” kata Hisam.

Mengenai pemuda dambaan, tentunya tidak bisa lepas dari sejarah Islam, baik itu pada zaman Nabi Muhammad SAW, maupun zaman sebelumnya. Hal ini juga yang menjadi sorotan narasumber pertama, Muhamad Sofi Mubarok SSI. MHI.

Beliau menceritakan tentang bagaimana hebatnya para pemuda terdahulu, seperti Ashabul Kahfi, sahabat-sahabat Nabi, dan yang lainnya, yang berjuang dengan sungguh-sungguh untuk menegakan kebenaran dan mendakwah ajaran Islam.

“Berbicara mengenai pemuda dalam perannya sebagai harapan bangsa, tentu ini sangat penting untuk dibahas karena menyangkut masa depan. Karena pemuda hari ini adalah pemimpin di masa yang akan datang. Harapan saya, semoga pemuda-pemuda hari ini dapat mencontoh pemuda-pemuda di zaman Nabi Muhammad SAW. yang terkenal dengan kegigihannya dalam berjuang menyuarakan kebenaran, keadilan, dan ketauhidan,” kata Sofi.

Sementara itu, Kajur IAT UIN SGD Bandung, yang menjadi narasumber kedua lebih menekankan pada pentingnya menanamkan visi dan misi di dalam diri mahasiswa dan pemuda agar memiliki tujuan yang benar dan tertarget. Terlebih saat ini negara kita sedang dalam proses menuju Indonesia Emas, yang mana di dalamnya akan diisi oleh pemuda-pemuda dan mahasiswa saat ini.

“Menjadi seorang mahasiswa atau pemuda wajib memiliki visi dan misi yang jelas, agar tahu apa yang harus dikerjakan. Tugas mahasiswa adalah belajar, belajar di sini bukan hanya terpaku di dalam kelas saja. Tetapi di samping itu, mahasiswa juga harus kreatif mengembangkan sesuatu dengan apa yang telah ia pelajari. Semoga mahasiswa-mahasiswa IAT dapat menjadi generasi emas yang dapat mencapai tujuan bangsa ini,” ujar Ecep.

Berbeda dengan kedua narasumber di atas, Dr Toto Santi Aji MAg, lebih menekankan pada pembentukan karakter demi menanamkan nilai-nilai qur’ani pada pemuda harapan bangsa dan negeri.

“Pemuda dambaan adalah pemuda yang sehat. Sehat jasmani, sehat jiwanya, dan sehat ruhaninya. Sehat jasmani dalam artian pemuda yang sehat fisiknya, kemudian didukung dengan jiwa yang sehat pula, yakni yang memiliki mental kuat, tidak patah semangat, dan disiplin. Terakhir adalah rohaninya, yakni nilai-nilai spiritual, setelah raga dan jiwa sehat, perlu didukung juga dengan spiritual yang kuat, yakni dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT,” pungkas dia. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.