Kader Dibekali Strategi, Demokrat Ambil Ancang-ancang

oleh -115 views
PENDIDIKAN POLITIK. Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah membuka kegiatan pendidikan politik dan pelatihan jurnalistik yang diikuti puluhan kader partainya.

RAKYATCIREBON.ID – DPC Partai Demokrat Kota Cirebon mulai mengambil ancang-ancang untuk persiapan menghadapi pemilu, pilpres dan pilkada serentak.

Selain terus memperkuat relasi dengan media arus utama atau mainstream, Demokrat juga menyadari pentingnya strategi kampanye di media sosial (medsos).

Hal tersebut disampaikan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah SSos saat membuka pendidikan politik dan pelatihan jurnalistik bagi kader partai berlambang mercy itu, di sekretariat DPC Partai Demokrat Kota Cirebon, Minggu (21/2).

“Sejauh ini kita memiliki hubungan yang baik dengan media arus utama di Cirebon. Tentu akan terus kita jaga dan perkuat. Di samping itu, perlu juga mengoptimalkan media sosial sebagai salah satu arena untuk menjaga konsistensi,” ungkapnya.

Politisi yang akrab disapa Andru itu menambahkan, perkembangan medsos saat ini terbilang pesat.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari hasil riset, pada 2021 ini sebagian besar masyarakat Indonesia sudah terkoneksi dengan akses internet.

“Artinya, media sosial memiliki pasar yang luas dan masif jika dioptimalkan penggunaannya. Belum lagi, pengguna media sosial yang paling banyak itu adalah usia remaja. Dalam kacamata politik, mereka ini pemilih pemula,” ujarnya.

Dikatakan Andru, pendidikan politik dan pelatihan jurnalitsik diikuti 30 peserta dari perwakilan pengurus anak cabang dan Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPC Partai Demokrat.

Tujuannya untuk menambah wawasan dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan medsos sebagai sarana untuk political marketing.

“Kita fokus pada pemasaran politik terkait Partai Demokrat. Hindari konflik, caci-maki, dan sebagainya di medsos. Kita juga tetap percaya dan yakin bahwa media arus utama atau pers masih memegang peran penting dalam distribusi informasi dan edukasi,” tutur wakil ketua DPRD Kota Cirebon itu.

Kepala Bakomstra DPC Partai Demokrat Kota Cirebon, Elang Bagoes Candra SEI mengatakan, pelatihan tersebut akan jadi agenda rutin. Tidak hanya di level DPC, melainkan bisa setidaknya ke tingkat PAC.

“Tidak hanya untuk pemasaran politik, tapi kita juga harus menangkal hoax, berita tidak benar, dan sejenisnya,” kata dia.

DPC Partai Demokrat menghadirkan dua pemateri, yakni dari kalangan jurnalis dan pegiat media sosial di Cirebon. Para peserta tidak hanya dibekali dengan teori, melainkan langsung diajak praktik. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *