Juara 2, Temuan Siswa MAN 2 Segera Dipatenkan

oleh -6 views
PRESTASI. Lima siswa MAN 2 Majalengka meraih juara 1 dalam ajang Akademi Madrasah Digital Tahun 2020 yang diselenggarakan Kementerian Agama RI Direktorat KSKK Madrasah beberapa waktu lalu. FOTO: HASANUDIN/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Majalengka yang dulunya merupakan MAN Rajagaluh 1, merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis agama yang tanggap dengan kemajuan teknologi.

Dengan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki, Madrasah ini siap untuk berkompetisi dengan madrasah-madrasah lainnya di Nusantara.

Hal itu telah dibuktikan oleh lima siswa MAN 2 Majalengka yang telah menorehkan prestasi dengan meraih juara 1 tingkat nasional dalam ajang Akademi Madrasah Digital Tahun 2020 sebagai juara 1 The Most Marketable yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI Direktorat KSKK Madrasah beberapa waktu lalu.

Atas torehan prestasi siswa-siswi tersebut Kementerian Agama Kabupaten Majalengka sangat berbangga.

Kepala Kemenag Majalengka Drs H Moh Mulyadi MMPd melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Dr H Saepulloh SAg MPdI mengatakan, Kemenag Kabupaten Majalengka sangat mengapresiasi atas inovasi para siswa yang membuahkan prestasi di tingkat nasional.

“Kami mengucapkan selamat kepada siswa siswi MAN 2 Majalengka yang telah meraih juara 1 Digital Award tingkat nasional, alhamdulillah dengan diraihnya prestasi tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya bagi para petani jamur tiram di majalengka, semoga alat pelembab jamur tiram yang diciptakan oleh para siswa MAN 2 Majalengka ini bisa dikembangkankan dan bermanfaat bagi para petani di Majalengka,” tutur Kasi Penmad Kemenag Majalengka H Saepulloh.

Ia berharap dengan diraihnya prestasi di tingkat nasional oleh siswa siswi MAN 2 Majalengka ini menjadi motivasi bagi madrasah madrasah lainnya di Kabupaten Majalengka.

“Prestasi yang diraih anak anak MAN 2 Majalengka ini, agar bisa menjadi motivasi untuk para pendidik agar dapat mendorong siswa-siswinya dalam meraih prestasi lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN 2 Majalengka, Dra Hj Aas Nurhidayah MPdI mengatakan, siswa-siswi yang meraih juara 1 tingkat nasional dalam ajang Akademi Madrasah Digital 2020 tersebut berjumlah lima orang.

Diantaranya, Widya, Defa Nugraha, Yulianti, Icha Annisa Aprilia, dan Anis Nursafarina Z.

Menurutnya, selain mendapat uang pembinaan sebesar Rp15 juta kelima siswa siswi ini mendapatkan Apresiasi dari Kemenag RI.

“Kepada seluruh peserta mendapatkan kuliah gratis, biaya masuk pluss full beasiswa gratis selama kuliah serta mereka dapat memilih di Fakultas Saintek seluruh Universitas Islam Negeri di Indonesia”, kata Aas.

Terpisah, Bupati Majalengka, Dr H Karna Sobahi MMPd merasa bangga atas apa yang diraih siswa-siswi MAN 2 Majalengka dalam ajang Akademi Madrasah Digital Tahun 2020 tingkat nasional.

Hal ini tentunya sebuah keberhasilan siswa-siswi MAN 2 Majalengka yang telah menjawab sebuah tema “Madrasah Hebat Bermartabat”.

Menurutnya, keberhasilan Anak-anak MAN Majalengka dalam menemukan salah satu teknologi inovasi dalam klasifikasi jenis pertanian yang salah satunya menjadi mata pencaharian masyarakat Majalengka yaitu jamur atau Mushroom.

Penemuan inovasi teknologi berupa pengendali jamur dengan nama Mustek ini sangat praktis mudah dipahami oleh orang dan tentu hasilnya bermanfaat karena masyarakat Majalengka banyak juga yang mengkonsumsi jamur dan ini merupakan salah satu kebutuhan yang menyeluruh.

Langkah kedepannya atas penemuan ini Pemkab Majalengka akan segera bantu untuk mematenkan temuan hasil karya ini. Kemudian Pemda Majalengka melalui Dinas Pertanian akan menjalin kemitraan dengan MAN 2 Majalengka untuk membeli dan meminta supaya alat ini untuk disebar ke semua Desa di 26 Kecamatan se-Majalengka.(hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.