Jelang Muscab PKB Cirebon, AMR Sebut Ada Kandidat yang Galau

oleh -117 views
DILOBI. Kandidat Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon, Ayif Mohamad Rifki (AMR) mengaku ada yang menawarkan posisi sekretaris DPC kepadanya dari suruhan calon yang lainnya.

RAKYATCIREBON.ID – Bursa ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon mulai menghangat. Lobi-lobi politik pun mulai gencar dilakukan. Termasuk otak-atik posisi strategis pengurus mendatang.

Salah satu kandidat ketua, Ayif Mohamad Rifki (AMR) mengaku, ada pihak yang telah melobinya. Agar merelakan kursi ketua, untuk kandidat lain.

“Tiba-tiba ada utusan datang. Tidak ngerti dari siapa. Menawarkan struktur jabatan sekretaris DPC,” katanya kepada Rakyat Cirebon.

Menurutnya, lobi penempatan posisi itu, mengindikasikan adanya pihak yang galau. AMR pun mengaku tak pernah menjawab tawaran tersebut. Mengingat, yang akan dikontestasikan itu, bukanlah struktur. Melainkan posisi ketua.

“Jadi, kalau struktur di bawahnya, belum saatnya dibahas. Kalau sudah melobi, ini besar indikasi kalau ada pihak yang galau,” kata dia.

Track record AMR pada saat pemilu 2019 lalu, yang bersangkutan menjabat ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB. Hasilnya cukup baik, menggulingkan partai pemenang sebelumnya, dengan mendudukan 10 kursi di legislatif.

Selain itu, geneologinya sebagai aktivis PMII. Memiliki kesamaan dengan sejumlah elit PKB yang berlatar belakang PMII.

“Ketika Gus AMI, (Ketum PKB, red) menjabat PB PMII, saya juga di PMII Cabang Jombang. Sehingga, mungkin terbaca ada kedekatan emosional yang wajib diantisipasi oleh pihak-pihak tersebut,” kata dia.

Tapi, momentumnya (membahas struktur, red) belum tepat. Makanya, AMR tak memikirkannya. Namanya telah masuk menjadi salah satu kandidat ketua dan wajib dipertahankan.

“Apakah akan ada pemanggilan terhadap semua kandidat untuk dilakukan fit and proper test? Saya menunggu DPP. Ikhtiar tetap dilakukan,” ucapnya.
Menurutnya, agenda muscab ini menjadi momentum yang baik.

Membangun konsolidasi dengan komponen strategis PKB. Kemunculannya sebagai salah satu kandidat ketua, telah memantik kiai-kiai muda di pesantren memberikan dukungan kepadanya.

“Kiai-kiai muda di Pesantren Gedongan, Babakan, Balerante Palimanan, Buntet, memberikan support agar saya serius mengikuti kontestasi ini. Ini energi besar bagi PKB ke depan,” tegasnya.

AMR pun mengaku siap menjawab tantangan kader-kader senior PKB. Siapa pun kandidat ketua, harus mampu membesarkan PKB.

“Saya sudah terbiasa meramu bersama tim untuk memenangkan berbagai pemilu. Lebih-lebih, ketika saya dipercaya menjadi ketua DPC. Tentu lebih totalitas. Saya siap menjawab tantangan para senior,” pungkasnya.

Seperti diketahui, ada lima kader terbaik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Cirebon berebut rekomendasi dari DPP.

Mereka adalah HM Luthfi MSi (ketua DPRD Kabupaten Cirebon), H Darusa (Ketua FPKB), H Tanung Hidayat (Wakil Ketua FPKB), dan Ayif Rifki serta Waswin Janata (pengurus).

Jika tidak ada aral melintang, kalau bukan akhir Februari, maka Musyawarah Cabang (Muscab) PKB Kabupaten Cirebon akan digelar April nanti. Pelaksanaannya serentak. Yakni dua gelombang, Februari dan April.

Kandidat calon ketua, HM Luthfi MSi membenarkan sudah ada lima kandidat hasil seleksi DPP. Namanya pun kembali muncul. Biasanya, kata pria berkacamata itu, keputusan itu tidak bisa diubah. “Jadi, apa yang ada, dinikmati saja,” kata HM Luthfi.(zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.