IAIN Cirebon Gelar Wisuda Hari Ketiga bagi Mahasiswa FUAD dan Pascasarjana

oleh -4 views

RAKYATCIREBON.ID – Pelaksanaan Sidang Senat Terbuka dalam Rangka Wisuda XXIII hari ketiga digelar bagi 357 wisudawan dari Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah (FUAD) dan Pascasarjana, Kamis (21/10) di Ballroom Swiss-Belhotel Cirebon. Wisudawan merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada dibawah naungan FUAD dan Pascasarjana.

Sebelumnya, wisuda digelar bagi 483 mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) pada Senin (18/10 serta 496 mahasiswa dari FITK dan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI). Secara keseluruhan pada Wisuda XXIII, IAIN Cirebon meluluskan 1336 wisudawan.

Wisuda XXIII digelar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Baik ajaran Senat maupun para wisudawan mengenalan masker, faceshield, menjaga jarak serta cek suhu dan sterilisasi sebelum memasuki ruangan.

Dalam pidatonya, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg memaparkan, sesuai tema Wisuda XXIII, yakni Meneguhkan Jati Diri Alumni dan Menebarkan Islam Rahmatan Lil Alamin dalam Bingkai NKRI, para alumni diharapkan tidak hanya paham teori keagamaan.

“Melainkan kita bisa mengembangkan keislaman itu dan tidak hanya syiar juga mampu mengamalkan nilai-nilai keislaman itu. Karena keislaman adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari IAIN Cirebon,” jelas dia.

Direktur Pascasarjana IAIN Cirebon, Prof Dr H Dedi Djubaedi MAg menambahkan, Wisuda XXIII terasa istimewa lantaran tak hanya meluluskan wisudawan level magister juga melukuskan wisudawan program doktoral.

“7 doktor kami lahirkan. Maka selanjutnya mereka bisa berkiprah kepada masyarakat, memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan mengamalkan ilmu untuk kepentingan masyarakat,” jelas Prof Dedi.

Menurut Prof Dedi lulusan Pascasarjana IAIN Cirebon tak hanya cakap dalam bidang keilmuan. Juga sudah dibekali dengan keterampilan mengelola masyarakat ke arah yang lebih baik. “Kami dari dulu sudah mengarahkan kepada mereka supaya menjadi manusia yang paling bermanfaat di dunia ini,” jelasnya.

Dekan FUAD IAIN Cirebon, Dr Hajam MAg mengatakan, taman jenjang strata 1 bukan akhir dari proses belajar. Untuk itu, dia berharap para lulusan FUAD tidak berpuas diri. Dia mendorong lulusan lanjut kuliah ke jenjang yang lebih tinggi.

“Harapannya lulusan tidak merasa puas masih perlu diasah lagi. Saya sebagai pimpinan mengharapkan wisudawan FUAD melanjutkan ke S2 menyesuaikan dengan era sekarang. Diiharapkan setelah wisuda tidak berhenti sampai di S1 melainkan lanjut ke S2 syukur-syukur sampai S3,” kata Hajam.

Namun begitu, tidak menutup kemungkinan para lulusan FUAD juga bisa langsung terjun ke masyarakat atau bekerja di berbagai bidang pekerjaan yang tersedia “Jika tidak bisa melanjutkan bisa mencari peluang-pekuang yang bermanfaat untuk masyarakat,” tukas Hajam. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.