Hidupkan Ramadhan Dengan Teraweh Keliling

oleh -11 views
ISI RAMADAN. Irmas melakukan teraweh keliling menghidupkan kegiatan keagamaan dibulan ramadhan.
ISI RAMADAN. Irmas melakukan teraweh keliling menghidupkan kegiatan keagamaan dibulan ramadhan.

RAKYATCIREBON.ID – Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Daaruttuqo Kalibangka Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon bekerja sama dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor, dan IPNU-IPPNU desa setempat, rutin menggelar safari ramadan atau taraweh keliling di masjid dan musala-musala.

Tak terkecuali bulan puasa tahun ini. Mereka telah menggelar safari ramadan dalam rangka memeringati nuzulul quran sejak 28 April 2021 lalu hingga 7 Mei 2021 mendatang. Kegiatan pun dimulai dari Masjid Daaruttuqo dan dilanjutkan ke musala-musala yang ada di desa setempat.

“Safari Ramadan dalam rangka memperingati nuzulul quran ini alhamdulillah rutin kita gelar setiap bulan puasa,” kata Ketua Pelaksana Safari Ramadan, Firdaus, Selasa (4/5).

Ia menjelaskan, untuk teknisnya, setiap musala yang dijadwalkan menjadi tempat digelarnya safari ramadan, pihaknya mendatangkan pemateri atau penceramah yang berbeda untuk mengisi kegiatan tersebut. Dan jemaah yang hadir adalah jemaah yang ada di masing-masing musala.

“Adapun para pemateri adalah kiai dan para ustad yang ada di desa kita. Tapi untuk peringatan nuzul quran di Masjid Daaruttuqo kita datangkan mubalig dari luar,” kata Firdaus.

Ketua Irmas Daaruttuqo Kalibangka, Arifin Hidayah menjelaskan, peringatan nuzulul quran yang dikemas dengan safari ramadan ke masjid dan musala-musala itu sudah lama telah berlangsung. Dimulai pada tanggal 17 Ramadan hingga semua musala yang dijadwalkan menjadi tempat safari ramadan terlaksana semuanya.

Kegiatan tersebut, kata dia, rutin dilakukan setiap bulan puasa. Bahkan, sudah lebih dari 10 tahun kegiatan ini selalu digelar di desanya.

“Safari Ramadan ini selain memperingati nuzulul quran, juga sebagai upaya kita dalam menghidupkan kegiatan keagamaan di tengah masyarakat,” ungkap Arifin.

Ia berharap, kegiatan keagamaan yang dilakukan pihaknya, bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Mudah-mudahan kegiatan ini membawa manfaat bagi masyarakat dan menjadi amal baik kita di bulan ramadan yang penuh berkah ini,” pungkasnya. (zen/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *