Hasil Swab, Lima Karyawan Toko UD Putra Positif Covid

oleh -27 views
SWAB. Petugas dari Puskesmas Cigasong melakukan swab test kepada 64 karyawan toko UD Putra TS di depan pasar Cigasong. Test tersebut juga melibatkan Dinas Kesehatan Majalengka.

MAJALENGKA-Hasil Tes Swab terhadap puluhan karyawan UD Putra TS Majalengka sudah dapat diketahui. Puluhan karyawan toko tersebut di swab pada Kamis (14/1) setelah ada salah satu karyawannya yang dinyatakan positif Covid-19.

Hasil swab sendiri diumumkan secara langsung oleh Tim Satgas Kecamatan Cigasong yang langsung mendatangi toko tersebut di Jalan Raya Cigasong tepatnya di depan Pasar Cigasong, Selasa (19/1).

Ketua Satgas Kecamatan Cigasong, Doni Fardiansyah mengungkapkan, sebanyak lima karyawan UD Putra TS kembali dinyatakan positif. Kelima karyawan tersebut masuk ke dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Tadi (kemarin, red) sudah disampaikan Bu Kapus (Kepala Puskesmas Cigasong) ke pihak toko, bahwa ada lima karyawan positif Covid-19. Kelimanya sekarang sudah isolasi mandiri,” ujar Doni kepada Rakyat Cirebon, Selasa (19/1).

Ia menyampaikan, kelima karyawan itu berasal dari sejumlah kecamatan, bukan hanya dari Cigasong sendiri. Yakni, dari Kecamatan Majalengka, Maja, Jatiwangi maupun Kasokandel.

“Nanti pihak puskesmas (Cigasong) berkoordinasi. Apakah hasil tracing dari kelima karyawan itu akan ikut di kami swabnya atau di puskesmas masing-masing,” ucapnya.

Terkait operasional toko sendiri, kata Doni, tak ada penutupan seperti awal saat salah satu karyawannya terpapar Covid-19.

Sebab, selain sudah teridentifikasi kasus penyebarannya, selama penutupan toko Satgas Covid-19 kecamatan telah menyemprotkan cairan disinfektan secara terus menerus.

“Tidak ada (penutupan, red), karena yang positif sudah diketahui. Tinggal kami melakukan atau melaksanakan tindakan lebih lanjut terhadap yang positif Covid-19. Agar isolasi mandiri di rumah masing-masing. Karena mereka juga OTG,” jelas dia.

Seperti diketahui, buntut adanya seorang karyawan yang positif Covid-19, puluhan karyawan di toko UD Putra TS depan pasar Cigasong langsung di tes swab.

Tes swab dilakukan di puskesmas Cigasong Kamis (14/1) sebanyak 64 karyawan di swab dengan melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka.

Sementara itu, pemilik toko UD Putra TS Majalengka, Memet mengatakan, pihaknya merasa mendapatkan pengalaman berharga terkait adanya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terhadap karyawannya.

Oleh karena itu, pihaknya akan perketat aturan protokol kesehatan, khususnya penggunaan masker.

“Insya Allah. Aemoga saja tidak ada yang terpapar lagi. Makanya saya akan perketat prokes. Khususnya masukan dari Satgas. Yakni, penggunaan masker dan penambahan tempat cuci tangan,” ujar Memet.

Terkait penutupan aktivitas toko dampak dari adanya karyawan positif Covid-19, memiliki dampak tersendiri bagi pemilik toko.

Yakni, daya tarik pengunjung dan kerugian material. Namun, pihaknya tidak ambil pusing dan lebih mementingkan kesehatan para karyawannya.

“Jelas ya, dampak dari toko saya ditutup, tentu berpengaruh ke pelanggan. Kalau material belum saya hitung, yang jelas kepentingan karyawan diutamakan,” imbuhnya.(hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *