Habib Luthfi akan Pimpin Kirab Merah Putih, Rute Balaikota ke Gunung Jati

oleh -16 views
KIRAB MERAH PUTIH. Dandim 0614 Kota Cirebon, Letkol Inf Andi Hasbullah, Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH serta Kapolres Ciko, AKBP M Fahri Siregar saat konferensi pers mengenai rangkaian acara Kirab Merah Putih. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID  – Akhir pekan ini, Kota Cirebon akan kedatangan tamu istimewa. Ulama kharismatik yang juga Dewan Pertimbangan Presiden, Maulana al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali Hasyim bin Yahya, atau yang dikenal dengan Habib Luthfi.

Direncanakan, Habib Luthfi akan mengisi serangkaian acara yang sudah disiapkan oleh Pemkot Cirebon bersama unsur TNI-Polri, bertajuk Kirab Merah Putih yang dirangkai dalam rangka HUT ke-76 TNI.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs Agus Mulyadi MSi mengungkapkan, ada beberapa rangkaian acara yang sudah disiapkan. Diawali oleh Gebyar UMKM yang sudah dibuka sejak tanggal 4 Oktober lalu.

Disambung oleh Kirab Merah Putih yang akan dilaksanakan Sabtu (9/10) hari ini. Kirab pun akan dilaksanakan dalam dua hari, hari Sabtu Kirab Merah Putih dengan rute Balaikota ke Komplek Makam Sunan Gunung Jati, lalu hari Minggu dengan rute sebaliknya.

“Insya Allah malam ini (Jumat malam, red) beliau sudah di Cirebon. Dan akan bermalam di Rumah Dinas Walikota,” ungkap Agus.

Kirab tersebut, lanjut Agus, akan dipimpin langsung Habib Luthfi didampingi Forkopimda. Kirab tersebut akan membawa bendera merah putih untuk disemayamkan satu malam di Gunung Jati dengan satu kali khatam Alquran. Setelah itu, dibawa kembali ke Balaikota dan akan dipakai setiap kali ada upacara kemerdekaan.

Puncak dari rangkaian kunjungan Habib Luthfi, dijelaskan Agus, akan dipungkas dengan Tausiah Kebangsaan pada Minggu malam bertempat di halaman Balaikota Cirebon.

Tausiah Kebangsaan akan dilangsungkan secara terbatas, namun tetap bisa diikuti oleh masyarakat secara umum secara virtual melalui kanal youtube dan Instagram Pemkot Cirebon. Juga akan ditayangkan secara live melalui Radar Cirebon Televisi.

“Sebuah kehormatan menerima tamu sekelas Habib Luthfi. Kami mengemas rangkaian acara sebaik mungkin dengan tetap memenuhi ketentuan PPKM level 2,” kata Agus.

Sementara itu, Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH menambahkan, datangnya Habib Luthfi ke Kota Cirebon, merupakan keberkahan. Oleh karena itu, ia sudah menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk memastikan semua rangkaian dipersiapkan dengan baik. Mulai dari keamanan sampai penerapan protokol kesehatan.

“Sebuah keberkahan Kota Cirebon kedatangan tamu agung. Saya instruksikan seluruh jajaran untuk mempersiapkan semuanya dengan baik sesuai ketentuan level 2,” tambah Azis.

Di tempat yang sama, Dandim 0614/ Kota Cirebon, Letkol Inf Andi Hasbullah menuturkan, prajurit TNI di Kota Cirebon tentu merasakan kebanggaan tersendiri. Karena momen HUT nya tahun ini tak hanya dirayakan oleh jajaran TNI, melainkan juga seluruh lapisan masyarakat dengan datangnya Habib Luthfi.

Namun demikian, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut menyukseskan seluruh rangkaian acara yang sudah dipersiapkan.

“Kami bangga, kehormatan bagi kami, karena dalam HUT TNI kali ini, semua masyarakat ingin merayakannya. Tapi kami mohon, jangan menodai kesakralan seluruh agenda acara, kita dukung dan buktikan bahwa Kota Cirebon adalah kota yang tertib,” imbuh Andi. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.