Jaga Kualitas Hafalan, UKM HTQ IAIN Cirebon Gelar Sema’an Al-Qur’an 30 Juz

oleh -66 views

RAKYATCIREBON.ID – Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hay’atu Tahfidzil Qur’an (HTQ) berupaya penuh untuk menjaga kualitas hafalan. Hal itu dilakukan dengan menggelar kegiatan Sema’an Al-Qur’an 30 Juz di Masjid Al-Jami’ah, Minggu (28/11).

Tujuan kehadiran UKM HTQ di IAIN Cirebon salah satunya adalah menumbuhkan minat menghafal dan menjaga hafalan terhadap ayat suci Al-Qur’an pada mahasiswa, hal itu digagas sebagai grand design atau identitas dari UKM HTQ itu sendiri.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari dengan diikuti oleh 47 anggota HTQ, dalam artian di satu hari itu anggota HTQ bisa menargetkan 10 juz. Jadi selama tiga hari berlagsung bisa menghatamkan Al-Qur’an (30 Juz).

Ketua Pelaksana Sema’an Al-Qur’an, Abdul Hamid menuturkan dengan mengikuti kegiatan sema’an, seseorang dapat memperbaiki dan meningkatkan bacaan Al-Qur’an mereka, terlebih dalam menghafal Al-Qur’an. Anggota HTQ khususnya, jika ingin dikatakan mempunyai kualitas hafalan yang baik tentunya dalam melafalkan bacaan Al-Qur’an sudah bisa memasuki kategori tartil yang optimal.

“Di tengah kesibukan utama anggota HTQ yaitu kuliah di kelas, kiranya bisa terus ditanamkan pada mereka kecintaan terhadap ayat suci Al-Qur’an,” ujar Hamid.

Menurutnya jika kegiatan ini terus dirutinkan di sekitaran lingkungan kampus, bisa menimbulkan efek positif bagi kepribadian khususnya anggota HTQ dan umumnya Mahasiswa IAIN lain.

Menurut salah satu peserta sema’an, Ummu Aiman. Sema’an Al-Qur’an kiranya bisa terus diistiqomahkan karena bisa jadi bahan pengingat mahasiswa untuk terus dekat dengan Al-Qur’an.

Sekso Acara, Lutfi menambahkan, setelah berlangsungnya kegiatan sema’an anggota HTQ ini akan kembali kepada jurusannya masing-masing dan sudah siap jika memang nanti dibutuhkan dalam beberapa event ke depan.

“Tujuan akhirnya adalah jika berprestasi bisa membawa nama baik dirinya dan kampus. Tidak lupa UKM HTQ yang telah bersedia memberi wadah anggotanya untuk terus membumikan ayat suci Al-Qur’an,” pungkas Lutfi. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.