Gerindra Siapkan 5 Kader untuk Pilwalkot, Ada Suami Ketua DPRD

oleh -21 views

RAKYATCIREBON.ID – Mesin Partai Gerindra mulai panas. Setelah Partai Golkar merilis lima orang kader yang masuk dalam bursa kandidat bakal calon walikota dan wakil walikota, kini giliran Partai Gerindra. Sama seperti Partai Golkar, ada lima kader Partai Gerindra yang menyatakan siap masuk dalam bursa perebutan tiket dari DPP untuk maju di Pilwalkot Cirebon mendatang.

Kelimanya adalah H Eman Sulaeman, Ruri Tri Lesmana, dr Tresnawaty SpB, H Hendi Nurhudaya SH dan H Zaenal Muttaqin. Mereka semua berstatus kader Partai Gerindra. Tiga orang di antaranya kini duduk di kursi DPRD Kota Cirebon, selain Eman Sulaeman dan Zaenal Muttaqin.

 “Tadi (kemarin, red) dalam rapat persiapan HUT Partai Gerindra, empat orang selain Pak Hendi menyatakan kesiapannya maju di Pilwalkot Cirebon. Kebetulan Pak Hendi sudah menyatakan lebih dulu dan tadi berhalangan hadir,” ungkap Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cirebon, Fitrah Malik, Minggu (24/1).

Fitrah menjelaskan, pernyataan terbuka dari keempat kader tersebut bermula dari penyampaian dirinya mengenai dinamika menuju Pilwalkot Cirebon. Fitrah dalam forum tersebut menyampaikan, Partai Gerindra hendaknya menunjukkan sikap terbuka, agar tidak ada kesan di publik bahwa partai tersebut hanya dikangkangi orang tertentu.

“Saya sampaikan bahwa Partai Gerindra jangan kesannya dimonopoli. Jangan dikangkangi seseorang. Lebih baik terbuka, bahwa kita punya beberapa kader yang berpotensi diusung di pilwalkot. Bukan hanya orang tertentu. Kita ini partai terbuka,” tuturnya.

Meski kelimanya sudah menyatakan kesiapan untuk diusung oleh partai pemenang Pileg 2019 di Kota Cirebon itu, namun Fitrah mengaku belum tahu persis terkait secara kelembagaan DPC melaporkan kesiapan mereka ke DPD maupun DPP. “Saya belum tahu apakah ketua DPC menyampaikan ini ke DPD dan DPP atau belum,” ujarnya.

Di sisi lain, anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Cirebon itu menyampaikan, terkait mekanisme penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota Cirebon secara resmi nantinya akan digelar partainya. “Tapi menunggu instruksi dari DPP seperti apa. Yang jelas, tidak menutup kemungkinan kalau ada figur eksternal yang ikut mendaftar,” kata dia.

Seperti diketahui, Minggu (24/01) kemarin, para pengurus DPC Partai Gerindra Kota Cirebon menggelar rapat koordinasi persiapan HUT ke-13 Partai Gerindra di kantornya Jalan Pekalipan, Kota Cirebon.

Di sela-sela rapat, tak hanya soal persiapan teknis yang dibahas, melainkan ada sesi lima kader terbaik Partai Gerindra maju untuk menyatakan kesiapan jika nanti diintruksikan oleh partai untuk maju pada kontestasi politik Pilwalkot Cirebon.

Satu persatu maju untuk menyatakan kesiapan. Dimulai dari H Zaenal Muttaqin. Suami Ketua DPRD Kota Cirebon, Hj Affiati SPd tersebut menyatakan diri siap jika diamanahkan partai untuk maju.

“Saya Zaenal Muttaqin, kader Partai Gerindra, siap untuk maju pada Pilkada Kota Cirebon di tahun 2023. Kader Gerindra ini banyak. Mari kita sama-sama membesarkan Gerindra. Dan saya berharap, semuanya bersama-sama memenangkan Partai Gerindra, siapapun yang diusung,” tegas HZM, sapaan akrabnya.

Setelah itu, dr Tresnawaty menjadi satu-satunya kader perempuan dari lima kader yang menyatakan diri siap jika ke depan ditugaskan partai. “Saya tidak mau kalah. Kita punya kekuatan dan saya siap jika didukung oleh kawan-kawan semua. Sebagaimana dikatakan HZM, mari kita besarkan partai,” ungkap dr Tresnawaty.

Kader selanjutnya yang maju adalah Ketua PAC Partai Gerindra Harjamukti, Ruri Tri Lesmana. Di hadapan para kader Gerindra, ia pun menyatakan diri siap jika mendapatkan amanah dan rekomendasi partai untuk maju di pilkada.

“Saya siap. Adapun nanti arah kebijakan apapun yang diturunkan oleh partai, wallahu’alam. Berbicara kader, semua harus siap apabila diintruksikan oleh partai,” kata dia.

Setelah Ruri, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cirebon, H Eman Sulaeman pun menjadi salah satu bakal kandidat yang diusung Gerindra. Sama dengan yang lain, ia pun menyatakan diri untuk siap memenangkan Gerindra pada Pilwalkot mendatang, termasuk jika ia yang diusung.

“Sebagai ketua partai, saya harus siap jika dicalonkan menjadi walikota. Jika diusung dan didukung oleh partai, terutama oleh keluarga, tidak ada alasan tidak siap,” tegasnya.

Satu nama lain, yang juga masuk lima kader terbaik Gerindra yang dipersiapkan untuk Pilwalkot adalah Hendi Nurhudaya. Namun pada kesempatan kemarin, ia tidak hadir karena sedang menjalankan tugas sebagai anggota legislatif. (jri/sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *