Gelar PPG Kedua, FITK IAIN Cirebon Diguyur Rp1 M dari APBN

oleh -15 views

RAKYATCIREBON.ID – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon kembali menggelar Pendidikan Profesi Guru (PPG). Tahun ini, FITK bakal membina 200 peserta PPG untuk mata pelajaran madrasah terdiri dari Qur’an Hadits, Aqidha Akhlaq dan Fiqih. Total anggaran yang dikelola mencapai Rp1 miliar.

Dekan FITK IAIN Cirebon, Dr H Farihin Nur MPd menegaskan, pelaksanaan PPG didasarkan atas Keputusan Menteri Agama (KMA) RI no 745/2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan PPG, KMA RI no 88/2021 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Profesi Guru untuk Program Profesi pada IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan Keputusan Dirjen Pendis 2251/2021 tentang Petunjuk Teknis PPG dalam Jabatan 2021.

“Ada hal yang berbeda tahun ini dengan dua tahun lalu. Di mana 2019 seluruh kegiatan PPG itu dalam tanggungan APBN Kemenag RI dalam hal ini hibahnya Dirjen Pendis. Tahun ini berbeda ada APBN ada APBD,” ujar Farihin.

Menurutnya, peserta PPG mapel madrarah yang sejumlah 200 orang terbagi 3 mapel Quran Hadits, Aqidah Akhlak dan Fiqih seluruhnya dibiayai APBN. “Dapat anggaran sekitar Rp1 miliar persis untuk membiayai 200 peserta,” kata dia.

Sedangkan pembiayaan PPG bersumber APBD beberapa daerah yang mengadakan kerja sama PPG dengan IAIN Cirebon hanya untuk peserta mapel PAI. “APBD pada DIPA Pemda Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Indramayu ada kerja sama,” sambungnya.

Lebih rinci, Farihin menyebut daerah yang mengadakan kerja sama PPG dengan IAIN Cirebon antara lain Sukabumi dan Indramyau. Sukabumi menitipkan 138 peserta PPG dibiayai APBD sedangkan Indramayu hanya 12 peserta saja. 7 peserta lainnya dibiayai APBN.

Daerah lain yang peserta PPG nya dibiayai APBN antara lain Kabupaten Cirebon 9 peserta, Kuningan 5 peserta, Majalengka 4 peserta, Garut 1 peserta, dan Kota Cirebon 7 peserta. Sehingga FITK IAIN Cirebon total mengelola 183 peserta mapel PAI dan 200 peserta mapel madrasah.

Meski sudah mendapatkan izin, FITK IAIN Cirebo baru bia menggelar PPG dalam Jabatan. Ditargetkan Farihin, FITK bakal bisa menggelar PPG Dalam Jabatan dan Pra Jabatan.

“Tahun ini kita baru menyelenggarakan PPG Dalam Jabatan. Dan mohon doanya kita sudah melaksanakan PPG Pra Jabatan seperti perkuliahan S1 seperti mahasiswa reguler lainnya,” tegas dia. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.