GBA Tahun Ini Tetap Digelar, Serangkaian Lomba Disiapkan

oleh -54 views

RAKYATCIREBON.ID – Gebyar Bahasa Arab (GBA), sebuah kegiatan besar tahunan yang diinisiasi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), tahun ini tetap digelar. Panitia memastikan GBA bakal terselenggara pada Senin-Kamis (20-23/9) secara daring dan luring.

Ada banyak kegiatan antara lain Webinar Nasional nertema “Peran Bahasa Arab Dalam Pendidikan di Indonesia”, Webinar Internasional bertema Usia Dini: Strategi dan Media Pembelajarannya. Kemudian aneka perlombaan.

Untuk tingkat mahasiswa : Debat Bahasa Arab, Pidato Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, dan Taqdimul Qisoh. Tingkat umum : Ghina Araby, Kaligrafi, MTQ dan Hadroh.

Ketua Pelaksana, M Iqbal Ashhaby Sujud menjelaskan, bahasa sebagai alat dan perangkat dalam berkomunikasi, merupakan sebuah peluang yang besar dan menjanjikan.

Kehidupan manusia tidak lepas dari proses komunikasi dan interaksi. Bahasa memiliki peran penting di era kehidupan modern saat ini. Bahasa Arab sebagai Bahasa internasional yang dipelajari diberbagai negara, mempunyai peran strategis dalam berperan menjadi salah satu elemen kemajuan, khususnya dalam kemajuan ekonomi dan pendidikan suatu negara.

“Maka sebagai pengemban nama kaum terpelajar, kami mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon berusaha untuk mengembangkan potensi dalam berorganisasi dan berbahasa Arab sebagai salah satu upaya kami untuk ikut membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,” ujar dia.

Iqbal melanjutkan, GBA merupakan sebuah acara yang dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Cirebon. GBA ini didalamnya terdapat perlombaan dan seminar yang berkaitan dengan Bahasa Arab.

“GBA ini merupakan acara nasional yang dilaksanakan 1 tahun sekali. Kegiatan yang sangat dinantikan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” katanya.

Tujuan diadakannya GBA ini ialah untuk mengembangkan potensi kreativitas mahasiswa dalam bidang pendidikan, mencetak generasi berkualitas dan matang dalam berbahasa Arab, mempererat persaudaran antar kampus serta sebagai sarana penyaluran bakat dan kemampuan Bahasa Arab. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.