Fraksi Merah Putih Tidak Mau Bacakan Pandangan Umum LKPJ Bupati

oleh -6 views
DISERAHKAN. Anggota Fraksi Merah Putih, Ruyanto menyerahkan dokumen pemandangan umum yang tidak dibacakan kepada pimpinan DPRD Indramayu.

RAKYATCIREBON.ID – Fraksi Merah Putih DPRD Kabupaten Indramayu menyampaikan kekecewaan atas ketidakhadiran Plh Bupati Indramayu dalam rapat paripurna, Selasa (23/2).

Naskah pemandangan umum fraksinya terhadap nota penjelasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Indramayu tahun anggaran 2020 tidak mau dibacakan dalam forum tersebut.

Hal itu disampaikan Ruyanto saat mendapat giliran membacakan pemandangan umum Fraksi Merah Putih. Naskah pemandangan umum fraksinya tidak dibacakan seperti perwakilan dari 5 fraksi lainnya.

Ia lebih menyoroti ketiadaan bupati dalam agenda penting tersebut.

“LKPJ Bupati Indramayu tahun anggaran 2020. Berarti ada orangnya ada pejabatnya, ketika melaksanakan anggaran 2020 itu pun ada orangnya. Jadi jelas itu ekplisit siapa yang mempertanggung jawabkan LPKJ tersebut,” ungkap dia.

Sementara sekarang, lanjutnya, LKPJ tersebut tidak jelas siapa yang akan mempertanggung jawabkannya. Karena bupati baru yang segera dilantik nanti bukan yang melaksanakan anggaran 2020.

“Bupatinya ada yang menjabat tapi orangnya bukan yang melaksanakan anggarannya,” sebut dia.

Dikatakan politisi Nasdem ini, walaupun konteksnya laporan keterangan tapi substansinya adalah pertanggung jawaban. Hal ini bukan untuk dipermainkan, bahkan jangan sampai menjadi beban bupati baru nanti.

Kondisi tersebut dihadapkan pula dengan ketentuan Pertauran Pemerintah (PP) 13/2019, LKPJ akhir tahun 2020 bisa dilakukan 3 bulan setelah akhir masa jabatan. “Makanya tidak aneh sering jadi perdebatan,” ucapnya.

Ruyanto menegaskan tidak akan membacakan pemandangan umum LKPJ tersebut. Namun ia membeberkan beberapa hal yang dinilai tidak masuk logika.

“Pemandangan umum LKPJ ini tidak akan saya bacakan, baik soal pendapatan, belanja, juga pembiayaan. Hanya satu saja soal silpa mari kita cermati, apa memang benar habis,” kata dia.

Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H Syaefudin SH menyampaikan apresiasinya atas eksplorasi dari Fraksi Merah Putih tersebut. Meski demikian pihaknya tetap menerima dokumen pemandangan umumnya secara fisik sesuai ketentuan yang berlaku.(tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *