Fraksi Grindra Bintang dan PKB Soroti Pembelian RSCI

oleh -6 views

RAKYATCIREBON.ID – Hampir semua fraksi di DPRD Kuningan, dalam pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten Kuningan, terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Kuningan tahun anggaran 2020, menyoroti pembelian Rumah Sakit Citra Ibu (RSCI) yang dibeli oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan, yang diperuntukan untuk penanganan covid-19. Seperti yang disampaikan oleh Fraksi Gerindra Bintang dan Fraksi PKB.

Seperti yang disampaikan oleh Fraksi Gerindra Bintang melalu juru bicaranya Deki Zaenal Mutaqin, mendesak kepada Pemerintah Daerah terkait pembelian Rumah Sakit Citra Ibu (RSCI) yang diperuntukan bagi penanganan Covid-19, menurut pengamatannya, rumah sakit ini belum optimal dalam beroperasi.

“Fraksi kami meminta kepada saudara Bupati terkait Rumah Sakit Citra Ibu (RSCI), agar segera dipergunakan sebagai mana mestinya. Mengingat dalam minggu-minggu ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat, saya dibeli dengan nilai yang cukup fantastis namun tidak ada manfaatnya,” kata Deki.

Selain itu, kata Deki, berkaitan dengan anggaran yang di Refocusing untuk penanganan Covid-19, yang pengelolaanya oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, Fraksi Gerindra Bintang mengingatkan pengelolaan dana tersebut harus transparan dan akuntabel.

“Jangan sampai alokasi dana refocusing yang menggunakan uang rakyat seharusnya dilaksanakan untuk pembangunan fisik dan non fisik yang kemudian disalahgunakan oleh sebagian oknum,” ujarnya.

Deki meminta kepada Pemerintah Daerah agar segera menyelesaikan data invalid, dalam penentuan Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS), penerima bantuan sembako penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Kuningan yang telah didistribusikan berjumlah 7.761 orang. Harga sembako yang diperoleh penerima manfaat perpaket senilai Rp. 200.000, maka terjadi pemborosan anggaran sebesar Rp. 1,55 Miliar. Hal ini sesuai dengan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia tahun 2020.

Hal senada juga disampaikan oleh Fraksi PKB, melalui juru bicaranya Hj Neneng, mempertanyakan apa yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 di masyarakat, upaya seperti apa pemerintah membantu ekonomi masyarakat dengan pembagian sembako dan lainnya.

Selain itu bagaimana antisipasi pemerintah menghadapi lonjakan penyebaran covid-19 di masyarakat dengan membeli rumah sakit citra ibu (RSCI) untuk dijadikan rumah sakit covid-19.

“Fraksi PKB mensuport dan meminta kepada pemerintah daerah untuk memaksimalkan fungsi rumah sakit citra ibu (RSCI) sebagai rumah sakit covid-19, agar tidak menjadi informasi yang menyesatkan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan, kami mohon penjelasan saudara bupati tentang besaran anggaran pengadaan rumah sakit citra ibu (RSCI) dengan seluruh sarana dan prasarana,” jelasnya.(ale)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.