Ekonomi Rakyat Harus Segera Bangkit, Kepala Dinas Diminta Ikut Promosikan Produk UMKM

oleh -14 views
PEMBUKAAN. Bupati Majalengka, Karna Sobahi (tengah) membuka Peringatan Hari Koperasi ke-74 dan Hari UMKM ke-6 Tingkat kabupaten Majalengka, Kamis (16/9) di lapangan Tenis Setda Majalengka. FOTO: PAI SUPARDI/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Bupati Majalengka, DR H Karna Sobahi MMPd meminta agar koperasi di Kabupaten Majalengka untuk bisa terus tumbuh dan berkembang.

Menurut Karna, koperasi diharapkan mampu mendukung pergerakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bisa menjadi solusi dalam mendongkrak sektor perekonomian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Karna saat membuka Peringatan Hari Koperasi ke-74 dan Hari UMKM ke-6 Tingkat kabupaten Majalengka, Kamis (16/9) di lapangan Tenis Setda Majalengka.

Menurut Karna, pengembangan gerakan koperasi di Kabupaten Majalengka perlu terus ditingkatkan. Karena keberadaan koperasi melalui sistem usaha yang dikembangkannya.

Ternyata, kata dia, telah banyak memberikan manfaat secara ekonomi dan membantu kehidupan perekonomian masyarakat. Baik di wilayah perkotaan maupun di pedesaan.

Dia menuturkan, sebagai upaya mendukung peningkatan koperasi di Majalengka, pihaknya mengaku telah menerbitkan Surat Edaran Bupati Majalengka (SE), tentang gerakan penumbuhan koperasi komunitas di pedesaan yang sinergis dengan Bumdes.

“Gerakan Koperasi juga sangat membantu dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19, hal itu bisa dilihat dari peran serta dan partisipasi pada kegiatan koperasi peduli dampak covid-19 dengan memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak pandemi covid-19,” jelasnya.

Selain itu, kata Karna, dalam masa pandemi ini, pemerintah kabupaten Majalengka juga terus berupaya keras untuk memulihkan ekonomi masyarakat.

Salah satunya melalui Dinas Ketenagakerjaan dan UKM dengan memberikan fasilitasi para usaha kecil menengah berupa pemberian bantuan modal.

“Diharapkan dengan upaya yang dilakukan semua pihak, baik pemerintah, Koperasi, UMKM, Bumdes, maka pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Majalengka bisa segera pulih,”ucapnya.

Selain itu, Karna juga meminta para Kepala Dinas dan SKPD lainya untuk bisa berperan aktif dalam pengembangan produk UMKM, dengan ikut serta mempromosikan maupun memasarkan produk lokal.

“Saya berharap agar di setiap SKPD untuk bisa membantu promosi produk produk lokal. Sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kita, “pesanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM.  Ir Sadeli MSi mengatakan, peringatan HUT Koperasi yang digelar pihaknya bertujuan untuk meningkatkan Koperasi, sekaligus mempromosikan produk UKM yang diharapkan bisa berkembang.

“Ini merupakan salah satu upaya kami dalam menghidupkan kembali Koperasi, sekaligus mendorong pertumbuhan UKM di Kabupaten Majalengka. Nantinya diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini,”pungkasnya. (pai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.