Dunia Pendidikan Kini Punya Tantangan Era Baru

oleh -11 views
Tuti Dini Arsi

PEGIAT Sosial, Tuti Dini Arsi bicara pendidikan. Menurut Tuti, pendidikan saat ini dihadapkan pada Era Revolusi Industri 4.0. Era baru yang menuntut perubahan secara cepat. Dalam dunia industri awal abad 21, menuntut SDM dapat beradaptasi dengan perubahan dan tantangan.

Tuti menilai, hal ini merupakan tantangan besar khususnya bagi dunia Pendidikan terutama untuk menyiapkan SDN yang berkualitas. Di era digital saat ini, kemajuan teknologi menawarkan banyak kemudahan bagi manusia. Manusia harus mampu berubah mengikuti perkembangan zaman agar dapat bertahan dan bersaing.

“Oleh karena itu, Revolusi Industri 4.0 memiliki dua sisi, selain menawarkan kemudahan, tentunya banyak tantangan besar,” jelas Tuti.

Tantangan yang dihadapi di era Revolusi Industri 4.0 adalah menyiapkan skill dan mental untuk memiliki suatu keunggulan dalam persaingan (competitive advantage). Jalan yang ditempuh untuk mempersiapkan itu semua salah satunya melalui pendidikan.

“Dibutuhkan pendidikan yang bisa membentuk generasi kreatif, inovatif, dan kompetitif. Peserta didik harus mampu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi diri,” kata dia. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.