Dr Aqua: Membantu dengan Ikhlas Tak Mungkin Jadi Miskin

oleh -14 views
Dr Aqua Dwipayana

RAKYATCIREBON.ID – Selama pandemi Covid-19 sebagian kehidupan manusia seperti dua kutub yang berbeda. Di satu sisi, secara ekonomi ada yang menurun drastis. Untuk beli makan saja tidak punya uang. Kondisinya sangat susah. Di sisi lain tidak sedikit yang kesejahteraannya makin meningkat.

Mereka yang hidupnya susah tidak perlu sedihnya berlarut-larut. Hal itu tidak menyelesaikan masalah, malah bisa menambah problem hidup mereka. Sebaiknya segera bangkit, bergerak, dan mencari pertolongan.

Jika mau berusaha, yakinlah ada orang-orang yang mau menolong. Di sekitar kita masih banyak yang berkenan berbuat baik. Mereka sesuai kemampuannya bersedia membantu sesama.

Paling penting jangan pernah putus asa. Ingat, TUHAN tidak akan pernah memberikan cobaan di luar batas kemampuan umatnya.

Begitu mengalami cobaan, segera bangkit dan bergerak. Mencari solusi terbaik. Yakin ada jalan keluarnya. Selain usaha tentu harus dibarengi doa. Lakukan keduanya secara paralel.

Insya ALLAH ada jalan keluar terbaik. Bantuan yang diterima dari berbagai penjuru mata angin. Setelah mendapat bantuan selain menyampaikan rasa syukur kepada TUHAN, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah memberikan pertolongan.

Tanpa ridho dan bantuanNYA, solusi terbaik tidak akan pernah terwujud. Makanya harus selalu berusaha dekat sama TUHAN agar jika sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan langsung dikabulkanNYA.

MOMENTUM MENUNJUKKAN KEPEDULIAN

Di sisi lain mereka yang selama pandemi Covid-19 secara ekonomi tidak terpengaruh, bahkan kesejahteraannya makin meningkat agar membantu dengan ikhlas saudara-saudaranya yang membutuhkannya. Ini adalah momentum yang sangat pas menunjukkan kepedulian kepada sesama yang membutuhkannya.

Mengenai jumlah dan bentuk bantuannya relatif. Terpenting ikhlas melakukannya.

Membantu tanpa pamrih, sama sekali tidak ada ruginya. Sebaliknya untungnya banyak sekali terutama kepada pemberi bantuan. Manfaat yang bakal dirasakan baik di dunia maupun di akhirat.

Menariknya sepanjang ada kehidupan di muka bumi, sejak manusia pertama lahir sampai sekarang, tidak ada satupun manusia yang membantu materi dengan ikhlas, lalu jadi miskin. Kalau yang makin kaya banyak sekali.

Hal itu mestinya menambah keyakinan yang kuat untuk tidak ragu-ragu membantu sesama dengan ikhlas. Semua bantuan tersebut merupakan investasi di dunia dan akhirat.

Kesimpulannya selama pandemi Covid-19 dan setelah usai, jangan pelit untuk berbagi. Apalagi harus disadari bahwa semua yang dimiliki manusia adalah titipan TUHAN. Setiap saat bisa diambilNYA dan harus dipertanggungjawabkan.

Semoga kita termasuk umat TUHAN yang gemar berbagi dengan ikhlas dan melakukannya secara konsisten. Aamiin ya robbal aalamiin… (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.