Dr Aqua Ingatkan Sukses Usaha Diawali dengan Membangun Jejaring

oleh -1 views
SHARING. Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi yang diselenggarakan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumatera Barat (Sumbar) di Padang, Sumbar, pada Selasa sore, 7 September 2021 lalu.

RAKYATCIREBON.ID – Jangan takut berjalan lambat, takutlah jika hanya mampu diam berdiri. Orang-orang sukses dalam berbisnis akan terus bergerak. Oleh karena itu, kita harus terus membangun jaringan untuk mencari mitra yang akan selalu mendukung usaha kita.

“Jadilah orang yang baik kepada semua orang dan ramah dengan siapa pun agar mendapat kebaikan dan kesuksesan di manapun berada,” pesan jernih itu dilontarkan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan tajuk “Strategi Komunikasi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumatera Barat (Sumbar) di Padang, Sumbar, pada Selasa sore, 7 September 2021 lalu.

Acara itu dipimpin Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar Wahyu Purnama Armyntos yang bertempat di kantornya.  Undangan Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut diterima Dr Aqua secara mendadak pada Selasa pagi, 7 September 2021. Langsung Wahyu yang mengontak pria yang rendah hati itu.

Saat Dr Aqua sedang menunggu untuk ketemu Direktur Utama Bank Nagari Muhammad Irsyad di bank tersebut, tiba-tiba Wahyu telefon. Kemudian menanyakan jadwal motivator kondang tersebut pada hari itu.

“Pak Aqua sore ini apakah jadwalnya kosong? Saya mau mengundang bapak untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara Badan Musyarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumbar,” ujar Wahyu.

Setelah melihat jadwalnya sore masih kosong, Dr Aqua menyatakan siap. Mulainya sekitar pukul 16.30 dan tempatnya di kantor Wahyu. Disepakati topiknya adalah “Strategi Komunikasi Bisnis di Era Pandemi Covid-19”.

Acara tersebut sekaligus perpisahan dengan dua anggota BMPD Sumbar. Mereka adalah Pemimpin Wilayah BRI Sumbar Wahju Hidajat yang pindah ke Yogyakarta dan Pemimpin Cabang Bank Syariah Indonesia (eks BRI Syariah) Heriyadi yang mutasi ke Jakarta sebagai Executive Business Officer. Keduanya sama-sama mendapatkan promosi dari manajemennya.

“Begitu tahu Pak Aqua sedang di Padang, langsung saya kontak bapak. Memanfaatkan keberadaan Pak Aqua di sini untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara BMPD Sumbar. Alhamdulillah bapak berkenan dan ada waktu luang,” ujar Wahyu yang berasal dari Payakumbuh, Sumbar.

Wahyu menugaskan Sekretaris BMPD Sumbar M Rezha Ali Khan untuk koordinasi dengan Dr Aqua. Menyiapkan berbagai hal teknis yang terkait dengan Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut.

SUKSES MEMPERBANYAK RELASI

Dr Aqua yang juga penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu menegaskan bahwa membangun jejaring kerja (kemitraan) pada hakikatnya adalah sebuah proses menjalin komunikasi atau hubungan, berbagi ide, informasi dan sumber daya atas dasar saling percaya (trust) dan saling menguntungkan di dalamnya.

“Tentu membangun jejaring tidak bisa instan dan wajib dibina dalam rentang waktu yang lama. Hal ini harus merupakan keterpanggilan dan dilakukan secara alamiah dan berkesinambungan,” ungkap Dr Aqua.

Pria yang hobi silaturahim dan membantu banyak orang itu dalam paparannya juga memberikan tips  bagaimana membangun jejaring. Tidak hanya sekadar kiat dan strategi, tapi doktor Komunikasi yang sudah mengumrahkan gratis lebih dari 150 orang dari hasil penjualan buku “super best seller” karyanya yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” itu berbagi pengalamannya sehingga sukses memperbanyak relasi baik di dalam negeri maupun di mancanegara.

Selama puluhan tahun mantan wartawan di berbagai media besar itu aktif melaksanakan silaturahim ke banyak orang tanpa melihat latar belakang orang yang ditemui. Hasilnya dahsyat dan luar biasa. Temannya banyak sekali, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

“Saya memang sudah meniatkan diri untuk 90 persen sisa hidup saya diorientasikan untuk bersilaturahim kemana saja dan kemudian juga memperbanyak aktivitas sosial,” kata pria yang senang membaca ini.

Terkait dengan dahsyatnya hasil silaturahim, Dr Aqua mencontohkan tentang buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim yang telah dicetak sebanyak 200 ribu eksemplar. Sebagian besar bukunya sudah terjual.

Buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”, “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

Dua buku yang terakhir yang berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama” dicetak sebanyak 40 ribu eksemplar. Dipasarkan sejak Januari 2021.

“Pemasarannya secara langsung ke pembeli. Tidak melalui toko buku dan media sosial. Hasilnya luar biasa. Sampai sekarang telah terjual sebanyak 32 ribu eksemplar. Padahal dalam situasi pandemi Covid-19 yang kondisinya sangat sulit,” jelas Dr Aqua.

Tidak hanya itu, lanjut pria yang sudah mengunjungi semua provinsi di Indonesia dan 34 negara ini, ada 15 perusahaan besar yang mendukung penerbitan kedua buku itu. Logo seluruh perusahaan ada di pembatas buku dan halaman dalam bagian belakang dua buku tersebut.

“Untuk mendapatkan dukungan dari semua perusahaan besar itu, saya tidak perlu pakai proposal dan meyakinkan pemilik serta pemimpinnya dengan bicara berbusa-busa. Cukup komunikasi lewat “Whatsapp” dan telefon. Mereka langsung setuju,” ungkap Dr Aqua sambil menunjukkan logo masing-masing perusahaan.

Hal itu bisa terjadi menurut mantan karyawan Semen Cibinong (sekarang Solusi Bangun Indonesia-red) ini bukan karena dirinya hebat. Namun yang utama disebabkan selama ini intens menjaga, memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan silaturahim dengan ikhlas. Hal itu dilakukannya secara universal pada semua orang.

Setiap menjalin silaturahim, Dr Aqua melakukannya secara tulus. Niat, berpikir, dan tindakannya secara nyata adalah membantu semua orang yang ditemui. Sama sekali tidak berpikir mendapatkan sesuatu dari mereka.

Hal itu membuat setiap orang yang ditemuinya merasa nyaman, senang, dan betah berkomunikasi sama pria yang selalu berpenampilan sederhana tersebut. Komunikasinya sangat lancar dan sama sekali tidak ada hambatan.

“Saya sangat mensyukuri semua itu. Tuhan selalu memudahkan semua urusan saya termasuk selama di Kota Padang ini,” tutur Dr Aqua. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.