Dr Aqua Dwipayana: Seluruh Pegawai BRI harus Yakin dengan Kekuatan Doa

oleh -6 views
SHARING. Sharing Komunikasi dan Motivasi pada Jumat pagi, 27 Agustus 2021 lalu di lantai empat Kantor BRI Wilayah Semarang Jalan Teuku Umar 24 Semarang, Jawa Tengah.

RAKYATCIREBON.ID – Agar sukses melaksanakan setiap pekerjaan sebaiknya diiringi dengan doa yang khusyuk kepada Tuhan. Memohon agar pekerjaan yang dilaksanakan lancar, sukses, dan hasilnya maksimal. Seluruh pegawai BRI di manapun bertugas harus meyakini kekuatan doa.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menekankan hal tersebut saat Sharing Komunikasi dan Motivasi pada Jumat pagi, 27 Agustus 2021 lalu di lantai empat Kantor BRI Wilayah Semarang Jalan Teuku Umar 24 Semarang, Jawa Tengah.

Selain puluhan pegawai, hadir pada acara yang mendadak itu, Pimpinan Wilayah BRI Semarang Wahyu Sulistiyono, dua wakilnya Aria Witjaksana dan Guntoro, serta Kepala Audit Intern BRI Wilayah Semarang Kaspiyah. Juga ada yang ikut melalui zoom.

Kehadiran Dr Aqua membuat suasananya berbeda dari biasanya. Tidak hanya rapat pagi yang rutin dilaksanakan setiap hari kerja. Ada pencerahan untuk menyemangati seluruh pegawai di tengah suasana pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan berakhirnya.

Kepastian tentang acara Sharing Komunikasi dan Motivasi itu diperoleh Dr Aqua pada Kamis malam, 26 Agustus 2021 dari Wahyu.

Saat komunikasi dengan Wahyu, Dr Aqua menyampaikankan niat untuk silaturahim. Begitu dia menginfokan pukul 08.00 setiap hari kerja ada rapat pagi bersama jajarannya, Dr Aqua langsung menawarkan untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Motivator ulung tersebut yakin kegiatan itu sangat bermanfaat buat semua pegawainya.

Gayung bersambut. Wahyu memiliki pemikiran yang sama dengan Dr Aqua. Sehingga mereka sepakat ketemu Jumat pagi yang diawali dengan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajaran Wahyu yang bertugas di Kantor Wilayah BRI Semarang.

“Wow silakan Pak Aqua, dengan senang hati. Kami briefing pagi biasanya mulai pukul 07.30, silakan kalau Bapak mau isi pukul 08.00,” lanjut Wahyu.

Dr Aqua sangat senang dengan amanah yang diberikan Wahyu. Meski mendadak namun pembicara profesional yang sangat berpengalaman itu siap sekali melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor Wilayah BRI Semarang.

Saat menyimak doa bersama di awal acara, motivator ulung tersebut sangat terkesan dengan isinya. Tidak hanya mendoakan seluruh pegawai BRI dan keluarga, tetapi juga berdoa buat semua nasabah agar di saat pandemi Covid-19 usahanya tetap jalan dan lancar sehingga kemitraan dengan BRI terus terjalin dengan baik.

“Bagus sekali isi doa yang tadi disampaikan. Tidak hanya bermanfaat buat semua pegawai dan keluarganya, tetapi juga untuk seluruh nasabah BRI sebab mereka dan bisnisnya turut didoakan,” lanjut Dr Aqua.

Kepada semua pegawai BRI, bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta itu menekankan agar selain bekerja secara optimal dengan menunjukkan kinerja terbaik, tetap berdoa kepada Tuhan memohon agar seluruh aktivitas yang dilakukan mendapat ridho dari Sang Pencipta dan hasilnya maksimal.

Menurut Dr Aqua, setiap orang termasuk para pegawai BRI harus percaya dengan kekuatan doa. Apalagi kalau  melaksanakannya selalu dengan khusyuk. Insya Allah doanya dikabulkan Tuhan.

“Saya sudah sering membuktikan kekuatan doa. Jadi semua aktivitas yang dilaksanakan termasuk saat bekerja selalulah melibatkan Tuhan. Memohon kepadaNYA agar diberi kelancaran dan seluruh permohonannya dikabulkan,” ucap pria murah senyum yang rendah hati itu.

Kegiatan rapat pagi termasuk doa bersama yang rutin dilaksanakan setiap hari kerja, saran Dr Aqua jangan dimaknai sebagai acara seremoni dan rutinitas belaka. Tapi selalu dilaksanakan secara serius oleh seluruh pegawai dan sebagai sarana untuk refleksi diri.

“Dengan begitu setiap melaksanakan rapat pagi setiap hari kerja, ada nilai-nilai yang diperoleh. Semua itu sebagai penyemangat saat bekerja untuk mengoptimalkan seluruh potensi diri guna mewujudkan kinerja terbaik,” papar Dr Aqua.

PENUH MAKNA

Pria yang nemiliki jati diri yang kuat itu menegaskan konsistensi seluruh pegawai BRI melaksanakan AKHLAK dan BRILian Ways dalam aktivitas sehari-hari dapat memberi manfaat yang luar biasa baik di dunia maupun akhirat. Secara signifikan pengaruhnya besar sekali baik buat kemajuan diri setiap karyawan maupun perusahaan.

Untuk itu agar kedua hal tersebut tidak sekedar diucapkan bersama-sama oleh para karyawan setiap pagi pada hari kerja ketika acara rapat pagi, tapi secara serius, sungguh-sungguh, dan terus-menerus mengimplementasikan dalam berbagai kegiatannya. Hal itu tercermin dari tutur kata dan perilaku pegawai termasuk saat melayani di internal dan eksternal perusahaan.

AKHLAK adalah nilai-nilai organisasi yang diperkenalkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang didampingi Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto pada Rabu, 1 Juli 2020 lalu. 

Pelaksanaannya bersamaan dengan peluncuran logo baru. Itu sekaligus menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan. 

AKHLAK adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Masing-masing nilai memiliki penjabarannya sendiri untuk penerapan kode etik dan kode perilaku yang  diterapkan di Kementerian BUMN.

Penjabarannya secara singkat adalah Amanah yakni memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Kompeten maksudnya harus terus-menerus belajar memperbaiki dan mengembangkan kemampuan diri sehingga memiliki kompetensi dan kapabilitas. Harmonis yaitu keserasian dalam bekerja sama dengan saling peduli dan menghargai perbedaan masing-masing individu.

Selanjutnya Loyal yang artinya mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dengan mengeleminir kepentingan pribadi dan kelompok. Adaptif maksud dapat beradaptasi dan terus berinovasi dalam kondisi apapun termasuk saat pandemi Covid-19. Terakhir adalah Kolaboratif dengan membangun kerjasama yang sinergis. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.