Dr Aqua Dwipayana: Jangan Terpaku Apa Kata Orang Tentang Kita

oleh -18 views
CINDERAMATA. Dr Aqua Dwipayana menerima miniatur helikopter Super Puma sebagai kenang-kenangan dari Danlanud Sutan Sjahrir Padang Kolonel Pnb Muhammad Riza Yudha Fahlefie

RAKYATCIREBON.ID – Dalam menjalani kehidupan, seseorang seharusnya tidak terpaku pada apa penilaian atau kata orang tentang diri kita. Sebaliknya, fokus untuk melakukan yang menurut kita benar dan berdampak positif baik bagi kita sendiri maupun orang-orang di sekitar kita. Selama yang kita kerjakan baik, tidak usah ragu melakukannya dan jangan mendengar omongan yang negatif.

Hal itu disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Mewujudkan Kinerja Terbaik di Lanud Sutan Sjahrir Padang Selama Pandemi Covid-19”, pada Rabu, 8 September 2021 lalu. Acaranya dilaksanakan di Hotel Mercure.

Hadir pada kegiatan tersebut, Komandan  Lanud (Danlanud) Sutan Sjahrir Padang Kolonel Pnb Muhammad Riza Yudha Fahlefie bersama istri Ny Friska Dewi Hafil yang akrab dipanggil Fifi Fahlefie. Juga General Manager Hotel Mercure Padang Subhan H Sahbana bersama karyawannya. Di samping itu para prajurit TNI AU dan perwakilan guru-guru sekolah Angkasa yang dikelola Lanud Sutan Syahrir.

Sharing Komunikasi dan Motivasi itu menjadi bagian dari tiga sesi kegiatan yang dilaksanakan Dr Aqua selama berada di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Ketiga acara tersebut mendadak.

Semula niat Dr Aqua ke Sumbar adalah pulang kampung. Sekaligus silaturahim ke saudara-saudara dan teman-temannya. Sama sekali tidak terlintas dalam pikirannya untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Namun mendadak secara beruntun bapak dua anak yang rendah hati itu mendapat rezeki. Tidak tanggung-tanggung, pemberi amanah empat orang penting di Sumbar. Mereka adalah Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Wahyu Purnama Armyntos, Direktur Utama Bank Nagari (Bank Pembangunan Daerah Sumbar) Muhammad Irsyad, Danlanud Sutan Syahrir Padang Kolonel Fahlefie, panggilan akrab Kolonel Pnb Muhammad Riza Yudha Fahlefie, dan Komandan Denpom I/4 Padang Mayor Cpm Partomuan Tanjung.

Undangan Sharing Komunikasi tersebut diterima Dr Aqua seluruhnya pada Selasa, 7 September 2021 lalu. Diawali pagi hari dari Wahyu.

Saat Dr Aqua sedang menunggu untuk ketemu Muhammad Irsyad di Bank Nagari, tiba-tiba Wahyu telefon. Kemudian menanyakan jadwal motivator kondang tersebut pada hari itu.

“Pak Aqua sore ini apakah jadwalnya kosong? Saya mau mengundang bapak untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sumbar,” ujar Wahyu.

Setelah melihat jadwalnya masih kosong, Dr Aqua menyatakan siap. Mulainya sekitar pukul 16.30 dan tempatnya di kantor Wahyu. Disepakati topiknya adalah “Strategi Komunikasi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19”.

Setelah komunikasi sama Wahyu, Aqua diskusi sama Direktur Utama Bank Nagari  Muhammad Irsyad. Dia didampingi Pimpinan Bank Nagari Cabang Utama Padang Yasrizal Idrus.

“Pak Aqua kan Pakar Komunikasi. Saya butuh bantuan bapak untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajaran saya. Mohon Pak Aqua jadwalkan,” ujar Jack panggilan akrab Muhammad Irsyad.

Dr Aqua menyatakan siap. Untuk itu motivator ulung tersebut memberikan beberapa masukan terkait dengan rencana Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut.

“Saya setuju sekali dengan semua saran Pak Aqua. Silakan dilaksanakan. Kita awali dengan level pimpinan di Bank Nagari,” ungkap Jack.

Sementara saat Dr Aqua silaturahim ke Fahlefie di kantornya, pejabat TNI AU yang rendah hati itu spontan meminta Dr Aqua untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajarannya dan istri.

“Selagi Pak Aqua di Padang, saya ingin bapak melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajaran saya. Sayang sekali kalau kehadiran Pak Aqua di sini tidak saya manfaatkan untuk berbagi ilmu, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman,” kata penerbang helikopter Super Puma itu.

Bapak dua anak tersebut sangat yakin Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua bermanfaat sekali untuk jajarannya. Terutama untuk tetap semangat di saat pandemi Covid-19.

Disepakati pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi pada Rabu pagi, 8 September 2021 di Hotel Mercure. Untuk itu Fahlefie meminta anggotanya untuk mempersiapkan acaranya dengan sebaik-baiknya.

Kemudian Komandan Denpom I/4 Padang Mayor Cpm Partomuan Tanjung menyampaikan undangan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada Dr Aqua. Disepakati jadwalnya Rabu siang, 8 September 2021 setelah kegiatan dengan puluhan anggota Lanud Sutan Syahrir.

KISAH LUKMANNUL HAKIM

Untuk menjelaskan tentang berbagai tanggapan dari orang-orang atas aktivitas yang dilakukan, Dr Aqua yang telah menulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu mengutip kisah sufi Lukmannul Hakim ketika berjalan bersama anak dan keledainya. Ketika itu ada saja yang berkomentar negatif.

Saat ketiganya jalan bersama, ada yang mengatakan mereka bodoh karena keledainya tidak ditunggangi. Padahal hewan itu biasanya dinaiki manusia.

Mendengar itu, keduanya sepakat menunggangi keledai tersebut. Mereka diejek oleh orang yang melihatnya, karena dianggap menyiksa keledai.

Lukman pun turun dari keledai. Ia membiarkan anaknya tetap duduk di atas keledai. Toh, tetap saja  ia “di-bully” orang. Si anak dituding tak tahu diri, lantaran berada di atas keledai, sementara sang ayah yang telah berumur dibiarkan berjalan.

Sebaliknya saat Lukman gantian naik keledai, sementara anaknya jalan, ada yang berkomentar negatif. Mereka beranggapan ayahnya tidak sayang sama anaknya karena membiarkannya jalan.

“Setiap melakukan aktivitas selalu saja ada orang yang melihatnya dari sudut pandang negatif. Nah, itu yang harus kita hadapi dan jalani dalam kehidupan ini. Sebaiknya tidak usah pusing dengan hal tersebut. Ambil yang baiknya saja dan konsisten melakukannya,” tegas Dr Aqua.

Di awal Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua menyampaikan selamat kepada Fahlefie dan jajarannya karena dua hari sebelumnya, tepatnya pada Senin, 6 September 2021 sukses menerima kunjungan Panglima Komando Operasi TNI AU I (Pangkoopsau I) Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M. dan Ketua PIA Ardhya Garini Daerah I Koopsau I Ny Dewi Tedy Rizalihadi bersama rombongan bertempat di Lanud Sutan Syahrir.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.