Doktor Ketiga Kembali Lulus dari Pascasarjana IAIN Cirebon

oleh -28 views

RAKYATCIREBON.ID – Secara bergiliran, satu per satu doktor baru lulus dari Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Terbaru, Ugin Lugina berhak menyandang gelar doktor setelah merampungkan ujian terbuka disertasinya tentang Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Sekolah Ramah Anak dalam Mewujudkan Siswa Berakhlak Mulia di SMAN 3 Kuningan, Senin (28/6).

Program Pascasarjana Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Cirebon menggelar kegiatan ujian terbuka di aula gedung utama Pascasarjana lantai 3. Dr Ugin Lugina MPd merupakan doktor ketiga yang berhasil lulus. Dalam ulasannya, Dr Lugina menerangkan, tema yang diambil merupakan respon dari program dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Bahwa lingkungan sekolah harus membangun fasilitas, membangun program, yang memberi kemudahan, keramahan, kemudian solusi-solusi atas kemungkinan masalah-masalah yang terjadi dan sehingga nanti sejauh mana hubungannya dengan pengembangan PAI,” ujar Ugin dalam presentasinya.

Ugin menyinggung tema disertasinya bakal berujung pada pengembangan PAI untuk akhlak mulia. Serangkaian penelitian yang dibuat dirancang untuk menciptakan sekolah ramah anakpun untuk mewujudkan dan meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Menurutnya pembaharuan yang ada pada disertasinya yaitu sinergitas intrakulikuler dan extrakurikuler. Kemudian sinergitas antara program yang hadir dari kementrian pendidikan dan kebudayaan dengan kementerian lainnya.

“Intrakulikuler (PAI) yang kemudian dalam rujukan kurikulum yang normative, sementara yang di luar kelas (hiden kurikulum) yang kemudian bisa berpotensi untuk apapun yang bisa dikembangkan,” katanya.

Terakhir, Ugin mengatakan motivasinya dalam menyusun disertasi, secara pribadi muslim dia menyampaikan pendidikan adalah kewajiban serta bimbingan orang tua selalu menyertainya. “Dan sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” pungkasnya.

Kepala Progran Studi S3 PAI Pascasarjana IAIN Cirebon, Dr Siti Fatimah MHum menyampaikan apresiasinya kepada para doktor baru yang sudah lulus. Sejauh ini, S3 Pascasarjana IAIN Cirebon telah meluluskan 3 doktor. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.