Distan Sebut Harga Gabah Bawah HPP

oleh -34 views
TENGAH PANEN. Plt Kadis Pertanian, Wasman sebut harga gabah petani saat ini dibawah HPP.
TENGAH PANEN. Plt Kadis Pertanian, Wasman sebut harga gabah petani saat ini dibawah HPP.

RAKYATCIREBON.ID – Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Wasman mengatakan saat ini harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani di bawah harga pembelian pemerintah (HPP) yaitu Rp4.070 per kilogram, karena sudah masuk musim panen.

“Harga gabah kering panen saat ini di bawah HPP yang telah ditetapkan,” kata Wasman di Cirebon, Minggu.

Saat ini harga GKP di tingkat petani kata Wasman, yaitu Rp3.500 per kilogram, ini dikarenakan sudah memasuki musim panen raya.

Untuk itu, ketika ada rencana impor beras yang akan dilakukan menurutnya, kurang tepat karena saat ini rerata para petani sedang panen raya.

Sehingga isu impor beras, lanjut Wasman juga mempengaruhi harga gabah di pasar dan membuat para petani merasa dirugikan.

“Saat ini kita sudah mulai masuk panen raya, jadi harga juga sedang murah,” tuturnya.

Ia mengatakan bukan hanya GKP yang sedang turun harga, tapi juga gabah kering giling (GKG) juga mengalami hal serupa, di mana saat ini per kilogram hanya dihargai berkisar Rp4.500 saja.

Padahal tutur Wasman, HPP GKG yang telah ditetapkan yaitu Rp5.115 per kilogram, kondisi ini tentu membuat sulit para petani.

“Harga GKG juga di bawah HPP yang telah ditetapkan, ini menunjukkan stok beras di pasar juga sedang melimpah,” katanya.(yog)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *