Disdukcapil Buka Pelayanan Jemput Bola, Minggu Buka di Grage Mall

oleh -29 views
JEMPUT BOLA. Disdukcapil Kota Cirebon akan jemput bola membuka pelayanan kependudukan di hari libur di Grage Mall, Minggu (28/11) besok.

RAKYATCIREBON.ID  – Guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disukcapil) akan membuka pelayanan dengan sistem jemput bola. Gerakan ini sekaligus menjadi rangkaian dalam HUT ke-50 Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) di Kota Cirebon.

Bahkan di luar hari efektif kerja, pelayanan jemput bola akan dilakukan para petugas Disdukcapil pada hari Minggu (28/11) besok di Grage Mall Cirebon.

Sekretaris Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh mengatakan, pelayanan yang akan dibuka saat hari libur ini, sengaja dilaksanakan dalam rangka HUT ke-50 Korpri. Mengingat Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh merupakan Ketua Korpri Pusat, sehingga rangkaian HUT Korpri diisi oleh pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Pak Dirjen merupakan Ketua Korpri pusat. Dan di Kota Cirebon ketuanya pak Sekda. Jadi sengaja kita isi dengan pelayanan,” ungkap Rahmat kepada Rakyat Cirebon.

Untuk itu, kata Rahmat, pelayanan yang akan dibuka pihaknya saat hari libur tersebut, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Cirebon untuk mengurus dokumen kependudukan.

Adapun Jenis layanan yang akan diberikan, mulai dari perekaman E-KTP, pencetakan untuk E-KTP yang hilang atau rusak, pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA), pelayanan Kartu Keluarga (KK), penerbitan Akta Kelahiran dan Kematian tanpa dipungut biaya.

Pelayanan tersebut, kata Rahmat, juga akan dibuka dalam waktu yang panjang, dimulai pada pukul 09.30 pagi hingga pukul 20.00 malam. “Kita targetkan bisa melayani sebanyak-banyaknya. Jadi besok kita buka sampai malam,” kata Rahmat.

Selain menjadi rangkaian dalam HUT Korpri, pelayanan jemput bola juga dilakukan untuk mengejar target kepemilikan Akta kelahiran serta KIA. Mengingat untuk di Kota Cirebon, angka kepemilikan KIA masih terbilang rendah. Masih di angka 27 persen dari jumlah anak usia 0 sampai 17 tahun kurang satu hari yang ada di Kota Cirebon.

“Jadi silakan masyarakat bisa datang dan memanfaatkan pelayanan ini. Jika saat hari kerja kesulitan karena sibuk, ini kita akan buka pelayanan saat libur,” ujar Rahmat. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.