Dinkes Majalengka Suplai Vitamin dan Obat kepada 1.892 Orang Isoman

oleh -6 views
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Harizal F Harahap

RAKYATCIREBON.ID – Sebanyak 1.892 warga Kabupaten Majalengka, sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka yang menjalani isoman rata-rata pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Dinas Kesehatan berjanji untuk menyuplai vitamin dan obatan-obatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Harizal F Harahap mengatakan, pihaknya akan mengupayakan untuk melayani pasien-pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani isoman dengan menyuplai vitamin, obat-obatan hingga memantau kondisi kesehatannya.

“Kami berusaha melayani mereka yang isolasi mandiri, bantuan vitamin dan obat-obatan dari puskesmas. Begitu juga penanganan dari tim medis dilakukan oleh tim monitoring puskesmas dan jejaringnya,” ujar Harizal, Rabu (14/7).

Bukan hanya itu, pihaknya juga melakukan pemantauan pasien positif yang sedang isoman melalui media elektronik. Untuk pasien Covid-19 yang tidak bergejala atau tanpa penyakit bawaan, Dinkes Kabupaten Majalengka membolehkan isoman di rumahnya masing-masing.

Sedangkan bagi pasien yang mengalami gejala seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak nafas serta memiliki penyakit bawaan, Dinkes menganjurkan pasien untuk segera menghubungi tim medis agar segera dirawat di rumah sakit.

“Pemantauan kondisi harian pasien dilakukan oleh petugas melalui media elektronik, jadi tidak secara langsung. Untuk syarat isoman di rumah harus memenuhi prosedur. Misal di rumah itu harus dihuni oleh orang yang terkonfirmasi positif saja,” ujarnya.

Sementara untuk yang memiliki gejala atau penyakit penyerta harus segera melapor ke petugas di puskesmas terdekat untuk segera dirawat di rumah sakit.

Ia juga mengatakan, untuk saat ini Dinkes Kabupaten Majalengka sedang fokus menangani pasien positif dengan gejala sedang dan berat yang tidak kebagian tempat tidur di rumah sakit.

“Yang jadi fokus kita sekarang menangani pasien yang tidak mendapat perawatan di rumah sakit. Kemarin ada puskesmas yang melakukan perawatan untuk pasien bergejala. Kemudian kita juga upayakan mencari rumah sakit di luar Majalengka, tapi kondisinya sama saja penuh,” jelas dia.

Untuk diketahui, selain 1.892 warga yang menjalani isoman sampai dengan hari Senin kemarin, ada 56 warga Majalengka yang sedang dirawat di rumah sakit, baik itu RSUD Majalengka, RSUD Cideres maupun rumah sakit di luar Majalengka.

Sementara untuk total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 8.504 kasus dengan 6.005 kasus sembuh dan 551 meninggal dunia. (hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.