Dinilai Kurang Greget, Nasdem Minta Bupati Tekan DPUPR Perbaiki Jalan Rusak

oleh -225 views
Ketua DPD NasDem Kabupaten Cirebon, Asep Zaenudin Budiman

RAKYATCIREBON.ID – Jalan rusak, di Kabupaten Cirebon terjadi dimana-mana. Masyarakat pun jengah. Tak ada langkah konkrit dari pemerintah daerah. Padahal, beragam kritik sudah disampaikan. Terakhir, masyarakat yang memperbaikinya secara sukarela hasilnya pun lumayan. Bisa mengumpulkan ratusan juta untuk perbaikan jalan di Tegalgubug.

Perbaikan jalan secara swadaya, sebenarnya sedang mengetuk hati pemerintah. Mengetuk langkah bupati dan wakilnya. Bisa tidak menekan dinas tekhnis, dalam hal ini DPUPR untuk bekerja cepat. Memperbaiki jalan-jalan rusak tersebut. Padahal, yang diperbaiki itu, akses vital dijalur perputaran ekonomi.

Ketua DPD NasDem Kabupaten Cirebon, Asep Zaenudin Budiman mengaku telah mengintruksikan perwakilannya di legislatif yang kebetulan, menduduki ketua Komisi III DPRD. “Kami mendesak pemerintah menyelesaikan persoalan itu sesegera mungkin. Bahkan, perwakilan kami Ketua Komisi III, Pak Hermanto kencang sekali menyuarakannya,” kata Asep, Senin (22/3).

Tapi kewenangan akhir adanya di eksekutif. Dimana bupati dan wakilnya itu, yang menakhodai. Harusnya kata politisi di Komisi IV itu, kepala daerah segera bertindak. “Tapi saya melihat Bupati kurang greget. Sepertinya tidak memiliki sensitivitas terhadap kondisi yang terjadi. Buktinya, tidak ada gebrakan apa-apa,” tegasnya.

Persoalan jalan ini, sebenarnya pelayanan dasar dari pemerintah kepada masyarakat. Harusnya kepala daerah memiliki ketegasan untuk memimpin gebrakan. “Masa ya tegel, disindir begitu keras oleh warganya. Di Tegalgubug itu kan, lokasinya potensial. Ada pasar besar disana. Perputaran ekonomi disana jelas terlihat. Tapi kenapa jalannya rusak tidak segera diperbaiki. Sampai disindir warganya dengan cara di aspal sendiri. Ini keterlaluan saya kira,” terang dia.

Ia menilai kepala daerah tidak mempunyai jiwa entrepreneur. Tidak mempunyai sensitifitas terhadap ekonomi. “Kalau ada, pasti malu. Dan mengintruksikan DPUPR memperbaiki segera. Tapi sepertinya didiamkan saja,” katanya.

Padahal, kondisi pemerintahan sudah kumplit. Tak lagi pincang. Sudah ada wakilnya. “Wakil harusnya bisa mendorong, dan melakukan gerakan. Biar kinerjanya terlihat. Harusnya mendorong percepatan pembangunan. Kan kami dari NasDem sejak jauh-jauh hari sudah menyuarakan juga, hadirnya wabup harus bisa bersinergi. Membantu percepatan pembangunan,” tuturnya.

Informasinya, kata Asep dari segi anggaran sebenarnya sudah ada. Meskipun nilainya terbatas. Tapi, untuk jalan-jalan yang penting harusnya diprioritaskan. Pemerintah harusnya menginventarisir dimana saja, letaknya. (zen)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *