Didesak Kabulkan Hibah untuk YPSGJ, Affiati: Harus Tetap Hati-hati

oleh -28 views
AUDIENSI. Massa dari Aliansi Ormas, LSM dan OKP Kota Cirebon saat beraudiensi dengan DPRD Kota Cirebon terkait rencana hibah lahan untuk YPSGJ.

RAKYATCIREBON.ID – DPRD Kota Cirebon didesak untuk mengabulkan permohonan hibah lahan untuk Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ). Pasalnya, ada agenda besar yang harus disukseskan, yaitu pengembangan pendidikan di Kota Cirebon.

Hal tersebut disampaikan perwakilan Aliansi Ormas, LSM dan OKP Kota Cirebon, Achmad Sofyan usai beraudiensi dengan DPRD Kota Cirebon, Kamis (4/2). Menurutnya, rencana hibah lahan seluas 10.300 meter persegi itu salah satu wujud komitmen Pemkot Cirebon terhadap dunia pendidikan.

“Untuk itu kami mendesak agar usulan ini bisa diwujudkan. Apalagi UGJ (Universitas Swadaya Gunung Jati, red) sejauh ini sudah sangat berkontribusi bagi Kota Cirebon,” ungkap Sofyan.

Menurutnya, kepentingan hibah untuk YPSGJ guna pengembangan UGJ, terutama Fakultas Kedokteran. Sofyan menyebutkan, Kota Cirebon harus bangga memiliki perguruan tinggi yang di dalamnya terdapat Fakultas Kedokteran. Tidak semua daerah memilikinya.

“Apalagi ada komitmen dari YPSGJ untuk mengalokasikan beasiswa bagi masyarakat Kota Cirebon. Hal ini sangat positif, memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Reno Sukriano. Aliansi Ormas, LSM dan OKP menilai, pengembangan UGJ di bawah pengelolaan YPSGJ adalah investasi jangka panjang bagi dunia pendidikan di Kota Cirebon. Sehingga rencana hibah dari Pemkot Cirebon ke YPSGJ perlu didukung DPRD.

“Pengembangan yang dilakukan saat ini akan dirasakan manfaatnya untuk anak-cucu kita di masa yang akan datang. Langkah pemkot ini harus didukung, karena masyarakat akan merasakan manfaatnya,” kata dia.

Sementara itu, Anggota Pansus Hibah DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani SH MH menyampaikan, pihaknya belum mengambil keputusan terkait rencana hibah tersebut. “Kami belum mengambil keputusan bulat. Karena akan diambil dalam rapat paripurna,” kata Dani.

Politisi PAN itu menambahkan, pada level kesimpulan sementara, pansus merekomendasikan kepada pimpinan DPRD untuk segera digelar rapat paripurna guna pengambilan keputusan. “Kami mendukung harapan teman-teman ormas, LSM dan OKP,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Affiati SPd mengatakan, pihaknya menerima aspirasi dari masyarakat terkait rencana hibah lahan untuk YPSGJ. Politisi Partai Gerindra itu mengaku bangga Kota Cirebon memiliki perguruan tinggi yang punya Fakultas Kedokteran.

“Kita bangga Kota Cirebon punya Fakultas Kedokteran di UGJ. Tapi dalam hal hibah ini ada regulasi yang harus kita tempuh, jangan sampai menyalahi aturan. Harus tetap hati-hati. Mudah-mudahan ada win-win solution. Dengan mengedepankan asasa kehati-hatian,” ungkapnya.

Disampaikan Affiati, sebelum pengambilan keputusan, pihaknya akan menggelar rapat pembahasan akhir dengan Pemkot Cirebon. Rencananya pada Senin pekan depan. “Senin depan akan pembahasan dengan pemkot. Setelah itu rapat paripurna,” katanya. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *