Di Talaga Emas Ini Dewi Persik Pernah Mandi 30 Kali

oleh -8 views
KERAMAT. Pengunjung tidak boleh sembarangan mandi di Pemandian Talaga Emas Majalengka tanpa seizin dari juru kunci. Pemandian Talaga Emas masih dianggap keramat. FOTO: HASANUDIN/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Di objek wisata Petilasan Prabu Siliwangi yang berada di Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka tidak hanya terdapat sebuah petilasan.

Namun, ada juga sejumlah tempat wisata yang bisa didatangi wisatawan yang hendak berlibur. Ada untuk tempat rekreasi maupun edukasi.

Sekilas tentang kisah Prabu Siliwangi merupakan seorang raja yang memiliki kepemimpinan yang terbesar, yang pernah memimpin kerajaan Pajajaran.

Selain itu, Raja satu ini juga digadang-gadang sebagai salah satu orang sakti yang ada di tanah pajajaran pada masa itu.

Selain petilasan, pengunjung juga bisa menikmati Talaga Emas. Telaga Emas ini juga disebut sebagai pancuran bidadari.

Disebut demikian, karena masyarakat sunda percaya bahwa Talaga Emas ini adalah tempat mandinya para bidadari yang turun dari langit.

Di Kawasan Telaga Emas ini pengunjung akan mencium bau kental dari bunga dan kemenyan yang disajikan di dekatnya.

Jika ingin mandi di Telaga Emas ini, pengunjung harus meminta izin kepada juru kunci yang menjaga tempat Talaga Emas.

“Banyak juga artis, orang ternama dan pejabat yang sudah datang ke sini. Salah satunya Dewi Persik yang sudah lebih dari 30 kali mandi ke sini,” ujar Kuncen Pemandian Talaga Emas, Abah Buyung (83) kepada Rakyat Cirebon, Sabtu (4/9).

Menurutnya, karena tempatnya yang begitu keramat, pengunjung tidak boleh sembarangan mandi tanpa seizin dari juru kunci.

Sama seperti Talaga Emas, untuk mandi di Talaga Pancuran ini juga pengunjung mesti izin terlebih dahulu kepada juru kunci. Hal tersebut karena dianggap begitu keramatnya tempat-tempat ini.

Selain itu, lokasi dari Talaga Pancuran ini berlokasi tepat belakang petilasan Prabu Siliwangi. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini begitu dikeramatkan oleh warga sekitar.

Suasana di Situ Beber membuat para pengunjung yang datang ke sana tidak sabar untuk menceburkan diri ke dalam air. Karena airnya yang sangat jernih dan segar membuat pengunjung ingin berlama-lama di dalam air.

Di Situ Beber selain pengunjung bisa berenang, wisatawan juga bisa bermain dengan ikan-ikan yang dipelihara di sana.

Sementara, di Situ Cipadung terdapat Sumur Kejayaan dan Petilasan Buyut Arjuna yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Situ Cipadung.

Di Sumur Kejayaan yang dipercaya air dalam sumur tidak akan pernah habis walau musim kemarau sekalipun.(hsn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.