Dewan Kesenian Optimis Seni Pertunjukan Bergairah

oleh -1 views
PERTUNJUKAN. Seni tari topeng kelana, salah satu pertunjukan yang banyak ditampilkan saat hajatan warga Cirebon. FOTO: SUWANDI/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Meski masih menempati level 4 dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sejumlah pelaku seni di Kabupaten Cirebon mengaku optimis seni pertunjukan kembali bergairah. Hal itu disampaikan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Cirebon, Ahmad Jajuli kepada Rakyat Cirebon. 

Menurut Jajuli, sudah terlalu lama industri seni pertunjukan tiarap imbas pandemi Covid-19. Sehingga para seniman mengaku optimis, seni pertunjukan bakal menemui jalan terangnya di tahun ini.

“Akibat PPKM dunia kesenian di Cirebon mengalami kelesuan karena ada beberapa daerah  di Kabupaten Cirebon dilarang tampil karena prokes,” ujar dia.

Sinyal bergairahnya seni pertunjukan di Cirebon dipancarkan dari hasil aspirasi pelaku seni yang difasilitasi Disbudparpora kepada Bupati Cirebon. Aspirasi itu diperingankan dengan kondisi Covid-19 yang dinilai makin membaik.

“Minggu lalu Dinas Budparpora menfasilatasi lembaga-lembaga kesenian mengajukan aspirasi ke Bupati. Dengan makin membaik kondisi pandemi Covid-19 belakang ini,” ujar dia. 

Jajuli melanjutkan, dengan kondisi seperti saat ini, para seniman menjadi yakin gairah seni pertunjukan bakal kembali hidup. 

“Insya Allah berkesenian di Cirebon bergairah kembali. Dan para seniman bisa menjalankan aktivitasnya. Namun prokes tetap dijaga,” tukas dia. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.