Danrem 063/SGJ Optimistis Komcad Bisa Perkuat TNI

oleh -5 views
KOMCAD. Danrem 063/ SGJ berolahraga dan memberikan pengarahan kepada prajurit Komcad, kemarin.
KOMCAD. Danrem 063/ SGJ berolahraga dan memberikan pengarahan kepada prajurit Komcad, kemarin.

RAKYATCIREBON.ID – Menindaklanjuti terbentuknya Komponen Cadangan (Komcad) oleh Presiden Joko Widodo sebagai cadangan kekuatan militer, Korem 063/SGJ memberikan pengarahan sekaligus olahraga bersama pasukan Komcad, Jumat (3/12) kemarin.

Sebelumnya, pembentukan Komcad tahun 2021 sudah berlangsung di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) beberapa waktu lalu.

Komandan Korem 063/SGJ, Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K mengatakan, atas nama pimpinan dan keluarga besar Korem 063/SGJ, dirinya merasa bangga dengan terbentuknya Komcad.

Sebagaimana diketahui, keberadaan Komcad tercantum dalam Undang Undang (UU) nomor 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yang mengamanatkan usaha bela negara, komponen cadangan dan komponen pendukung diatur oleh UU.

Komponen Cadangan sendiri merupakan sumber daya nasional yang disiapkan untuk dikerahkan guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama.

“Kita juga memiliki komponen pendukung yang merupakan sumber daya nasional. Itu dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan komponen utama. Bela negara kewajiban kita bersama. Bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku serta tindakan warga negara. Baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa dan negara,” ungkap Elkines.

Dikatakan Elkines, Komcad sudah melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang dapat membentuk sikap serta perilaku dengan standar yang telah ditetapkan, sehingga mereka dapat dimobilisasi secara serentak sebagai komponen kekuatan pertahanan negara untuk digunakan secara tepat, terpadu dan terarah bagi penanggulangan setiap ancaman dari luar maupun dalam negeri yang membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Elkines menyakini, Komcad telah siap melaksanakan tugas untuk membela bangsa dan negara, menghadapi ancaman baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri, yang akan membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Komcad dapat dilakukan pemberhentian dengan hormat atau pemberhentian tidak dengan hormat, tergantung dari tingkat kesalahan yang dilakukan. Namun, saya yakin pendidikan dan pelatihan yang telah dilewati membentuk jiwa disiplin dan kesadaran hukum yang semakin tinggi,” jelas Elkines.

Diharapkan Elkines, prajurit Komcad mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dalam menghadapi ancaman yang ada.

“Seluruh kodim dalam naungan Korem 063/SGJ dapat melaksanakan pembinaan. Komcad adalah orang-orang terpilih dan teruji karena dari sekian banyak yang mendaftarkan diri tidak sedikit yang tak lulus seleksi. Saya berpesan jaga nama baik korps dan jadi contoh dalam kehidupan bermasyarakat,” tegas Elkines. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.