Dana Subsidi Tidak akan Mencukupi Kebutuhan Pilkades

oleh -18 views
PEMBENTUKAN. Proses pembentukan panitia sebelas dimulai dari proses penjaringan dan penyaringan bakal calon. Kemudian ditetapkan dan dilantik oleh BPD, mulai Februari.

RAKYATCIREBON.ID – Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Majalengka akan digelar 22 Mei mendatang.

Tujuh desa di Kecamatan Sindangwangi secara marathon membentuk dan melantik panitia Pilkades, sebanyak 11 orang perdesanya.

Camat Sindangwangi Drs Dedi Supriyadi mengatakan, sesuai tahapan tujuh desa yakni Sindangwangi, Lengkong Kulon, Jerukleueut, Padaherang, Bantaragung, Buahkapas dan Leuwilaja.

BPD desa setempat harus segera menyiapkan panitia Pilkades atau yang biasa disebut dengan istilah Panitia Sebelas, karena beranggotakan sebelas orang.

Proses pembentukan panitia dimulai dari proses penjaringan dan penyaringan bakal calon, kemudian ditetapkan dan dilantik oleh BPD, mulai Februari.

Namun karena terbatasnya waktu terjeda hari libur. Maka di Kecamatan Sindangwangi pelantikan panitia sebelas dilakukan sejak 11 Februari secara marathon di tujuh desa.

“Totalnya ada 77 panitia sebelas yang harus segera dilantik oleh BPD, kemudian panitia sebelas melakukan penjaringan panitia KKPS,” ucapnya.

Sebab dalam sistem pemilihan kepala desa serentak kali ini berbeda dengan proses Pilkades sebelumnya.

Pilkades sekarang, jumlah pemilih dibatasi per TPS, maksimal ada 5 TPS. Sementara jika dulu pelaksanaan Pilkades hanya ada satu TPS saja.

Akibatnya beban anggaran yang harus dipikul Pemerintahan desa cukup besar. Ada kabar baiknya, Pemda Majalengka akan memberikan subsidi anggaran.

Hanya saja karena sifatnya subsidi. Sehingga dipastikan tidak akan mencukupi semua kebutuhan.

“Oleh karena itu Desa bisa menganggarkan kegiatan Pilkades tersebut dari sumber dana PADes,”pungkasnya. (pai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *