Dana Abadi Pesantren Wujudkan Mimpi Santri Kuliah ke Luar Negeri

oleh -1 views
PELUANG. Salah satu rangkaian kegiatan Mukernas IV Halaqoh BEM Pesantren se-Indonesia di Ponpes Darul Ma’arif Kaplongan.

RAKYATCIREBON.ID – Impian para santri yang ingin kuliah ke luar negeri bakal terwujud. Hal ini berkat adanya dana abadi pesantren yang regulasinya telah disahkan.

Pernyataan itu disampaikan Anggota Komisi V DPR RI, Dedi Wahidi saat Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) IV Halaqoh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pesantren se-Indonesia belum lama ini.

Rangkaian kegiatannya digelar di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Kaplongan di Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu.

Dikatakan, impian para santri untuk menempuh pendidikan hingga ke luar negeri bukan lagi menjadi mimpi. Mimpi itu akan bisa terwujud berkat disahkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren mengatur tentang dana abadi pesantren.

“Dana abadi pesantren itu kan bukan untuk bangunan fisik, tapi untuk biaya beasiswa kuliah baik dalam negeri maupun luar negeri. Nanti santri bisa belajar kemana saja termasuk ke negara-negara maju,” jelasnya.

Untuk itu, Wahidi berpesan kepada para santri agar lebih semangat lagi dalam belajar, karena tidak ada lagi alasan karena tidak ada biaya untuk menempuh pendidikan pada jenjang perguruan tinggi di luar negeri.

Biaya yang akan membantu para santri itu bisa berupa beasiswa dari KIP Kuliah dan beasiswa yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Menurutnya, selama ini memang sudah banyak santri yang kuliah ke luar negeri, hanya saja mayoritas kuliah ke timur tengah. Namun ke depan, para santri pun harus juga kuliah ke negara-negara maju seperti ke China, Jepang, Korea, Jerman, Inggris, Francis, maupun Amerika.

“Harapannya nanti bisa kompetitif saat para santri masuk ke pasar kerja, mereka bisa kompetitif dengan para pekerja dari negara-negara lain,” pungkasnya. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.