Daerah Harus Percepat Penyerapan APBD, Kang Emil: Segera Digelar, agar Ekonomi Menggeliat

oleh -7 views
UMKM PULIH. Gubernur Jabar, HM Ridwan Kamil berbincang bersama Kepala Satgas Covid Nasional pada rakor. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Gubernur Jawa Barat, HM Ridwan Kamil meminta para kepala daerah mempercepat penyerapan APBD. Imbauan itu disampaikannya saat rapat koordinasi penanganan Covid-19 wilayah Jawa Barat di Pendopo Kabupaten Cirebon, Kamis (29/4).

“Saya minta daerah melakukan percepatan penyerapan APBD. Segera digelar semaksimal mungkin agar ekonomi menggeliat,” ungkap Emil, kemarin.

Tak hanya pengadaan yang dilakukan dengan penunjukan langsung, Emil juga meminta agar proyek-proyek yang sudah direncanakan untuk dilaksanakam tahun 2021, segera diproses dan segera masuk ke tahap lelang.

Selain untuk mempercepat pelaksanaan, percepatan lelang juga perlu dilakukan agar proyek-proyek, terutama yang bersifat pembangunam fisik tidak mepet dikerjakan di akhir tahun. “Lelang-lelang juga harus mulai berjalan. Termasuk lelang-lelang fisik agar APBD bisa mulai diserap,” lanjut Emil.

Untuk sektor ekonomi lain di Jawa Barat, dijelaskan Emil, saat ini perekonomian di sektor UMKM mulai bangkit, dalam hal ini pemprov pun mendorong dengan beberapa program yamg sudah dicanangkan.

Di luar itu, diakui dia, sektor perekonomian di tingkat corporate memang masih perlu perhatian. Karena sampai saat ini masih loyo dan belum bisa stabil. Terlebih dikarenakan perdagangan di dunia Internasional masih mengalami berbagai kendala. “UMKM relatif membaik, ekonomi korporasi yang masih perlu perhatian,” jelas Emil.

Untuk UMKM lokal, kata dia, pemprov mencanangkan beberapa program. Di antaranya, menetapkan bulan April sebagai bulan belanja UMKM. Semua ASN yang ada di lingkungan Pemprov Jabar didorong untuk memborong produk-produk UMKM yang ada.

“Lokal sudah baik, bahkan April ini kita canangkan bulan belanja UMKM. Kita dorong belanja ASN untuk memborong UMKM, ada sekitar 300 ribu ASN. Karena mereka masuk dalam golongan yang tidak terganggu dalam gaji meskipun pandemi,” ujarnya.

Selain itu, dalam setiap pertemuan, ia juga terus mengampanyekan pentingnya membangun ekonomi dengan mendorong kebangkitan UMKM, cara paling mudah adalah dengan membeli produk UMKM yang ada di Jawa Barat.

Di sektor lain, Pemprov juga terus mengupayakan terobosan-terobosan untuk bisa membangkitkan ekonomi di Jawa Barat, sehingga diharapkan upaya-upaya tersebut bisa didukung oleh semua pihak, termasuk oleh masyarakat. “Kita beri judul belanja adalah bela negara. Itu yang sudah kita lakukan,” kata Emil. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *