Cirebon Power Bagikan 52 Hewan Kurban Untuk Warga

oleh -2 views
BERBAGI. Cirebon power distribusikan bntuan hewan kurban kepada warga sekitar.
BERBAGI. Cirebon power distribusikan bntuan hewan kurban kepada warga sekitar.

RAKYATCIREBON.ID – Tahun ini, Cirebon Power mendistribusikan 52 ekor hewan kurban untuk masyarakat sekitar. Terdiri dari 8 ekor sapi dan 44 ekor kambing.

Head of Community Relation Cirebon Power, Anton Rahmadi mengatakan daging kurban itu, nantinya semua dibagikan pada kelompok masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, institusi pelayan masyarakat pun mendapat jatah hewan kurban, dari perusahana pembangkit listrik itu.

“Hewan kurban ini adalah hasil kolaborasi Cirebon Power, dengan kontraktor utama dan sub kontraktor seperti Hyundai, Toshiba dan NKE,” ujar Anton, kemarin.

Yang berbeda pada tahun sebelumnya, yaitu ditiadakannya seremonial penyerahan hewan kurban. Karena kondisi pandemi saat ini, penyerahan hewan kurban langsung didistribusikan ke desa dan tujuan masing-masing, agar tidak menimbulkan kerumunan.

Konsorsium pembangkit listrik inipun memanfaatkan momentum ini sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas ekonomi warga sekitar pembangkit, dengan cara menggelar lelang terbuka pengadaan hewan kurban, yang diikuti oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan wirausahawan lokal.

“Ada tiga BUMDes dan dua supplier lokal yang ikut lelang terbuka, dan akhirnya BUMDes Waruduwur keluar sebagai pemenang,” ujar Anton.

Anton berharap, mekanisme lelang yang memprioritaskan peserta lelang dari wirausahawan lokal seperti ini dapat memberi manfaat lebih, dan sedikit banyak membawa dampak ekonomi bagi masyarakat.

Sementara itu, Sakuma Yu, Site Engineer PT Toshiba Asia Pacific Indonesia, mengatakan aksi berbagi pada masyarakat ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid19. Hal itu yang mendasari Langkah PT TAPI untuk memperbesar donasinya, dengan menambahkan dua ekor sapi, dan delapan kambing.

“Semoga bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam kondisi pandemi saat ini,” kata Sakuma.

Yadi, Kuwu Desa Waruduwur, mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power yang secara rutin memberikan hewan kurban untuk warga desanya. Menurut Yadi, pemberian hewan kurban ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama yang saat ini mengalami kesulitan ekonomi karena pandemi.

“Nanti daging korban ini bisa menjadi pelengkap bantuan sosial lainnya yang sudah diterima oleh masyarakat,” ujar Yadi.

Sedangkan Kuwu Desa Kanci, Sunaryo, menuturkan, pihaknya akan menggelar rapat untuk teknis penyembelihan dan distribusi hewan kurban bantuan dari Cirebon Power ini. Karena menurut Sunaryo, biasanya penyembelihan dan distribusi daging kurban, dipusatkan di masjid desa. Namun ia hawatir akan membuat kerumunan.

“Jadi nanti akan rapat dulu, kemungkinan distribusinya melalui RT masing-masing,” kata Sunaryo.

Bantuan hewan kurban dari Cirebon Power ini, menurutnya sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Kanci. Sunaryo juga menyampaikan apresiasi atas kepedulian Cirebon Power, dan berbagai program lainnya yang sudah bermanfaat bagi warganya. (zen/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.