Cangkingan Optimis Bisa Rebut 3 Besar Lomba Desa se-Jabar

oleh -10 views
PEMAPARAN. Persiapan presentasi lomba desa/kelurahan tingkat Jabar di Aula DPMD Kabupaten Indramayu. FOTO: TARDIARTO AZZA

RAKYATCIREBON.ID – Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu optimis bisa menjadi yang terbaik dalam ajang lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat. Peringkat 3 besar sudah di depan mata setelah dinyatakan masuk dalam deretan 5 besar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Sugeng Heryanto mengatakan, pada Senin (21/6) kemarin merupakan jadwal pemaparan oleh para kepala desa yang masuk nominasi.

Rangkaian kegiatannya berlangsung di Aula Mutawali DPMD Provinsi Jawa Barat. Lima desa nominasinya adalah Desa Cangkingan (Indramayu), Desa Kaso (Ciamis), Desa Ciburial (Bandung), Desa Cibuluh (Subang), dan Desa Cipanas (Cianjur).

Pada tahapan tersebut, paparan Kuwu Desa Cangkingan, Didi Wahyudi diuji oleh akademisi dari IPDN Fernandes Simangunsong, Asisten III Setda Provinsi Jawa Barat, Dudi Sudrajat Abdurahman, dan Sekretaris Pokja IV PKK Provinsi Jawa Barat, Ricki Herdiansah.

“Alhamdulillah pemaparan berjalan dengan lancar. Kita optimis Desa Cangkingan masuk tiga besar. Setelah pemaparan hari ini, minggu depan akan dilakukan recheking ke lapangan,” jelasnya.

Disampaikan Sugeng, Desa Cangkingan berhasil masuk dalam 5 besar lomba desa/kelurahan karena banyak memiliki potensi dan inovasi. Desa dengan luas wilayah 516.918 hektar berpenduduk 8.055 jiwa ini, juga memiliki komitmen membangun desa berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang akan bertranformasi menjadi desa digital.

“Beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Desa Cangkingan yaitu telah memiliki website desa, aplikasi layanan mandiri, tower kawasan, pengukuran aset dan batas desa. Dan yang terbaru desa tersebut mampu membuat mesin anjungan layanan mandiri untuk pelayanan administrasi kependudukan. Ini menjadikannya sebagai desa digital pertama di Kabupaten Indramayu,” paparnya.

Sementara itu, Kuwu Didi Wahyudi menyatakan, ikhtiar untuk mewujudkan sebagai desa terbaik di Jawa Barat terus dilakukan oleh berbagai pihak di desanya. Output dari pembangunan yang dilaksanakan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Keinginan masyarakatnya untuk maju dan berubah sangat luar biasa. Menjadi desa terbaik adalah impian dan harapan bersama. Bukan hanya untuk lomba desa, tapi ini merupakan ikhtiar dalam aplikasi nyata dalam kehidupan masyarakat Desa Cangkingan,” tandasnya. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.