Bupati Nina Minta Karang Taruna Bersinergi Bangun Indramayu

oleh -1 views
SINERGITAS. Bupati Indramayu Hj Nina Agustina menyerahkan pataka kepada Ketua Karang Taruna Indramayu, Syaefudin.

RAKYATCIREBON.ID – Bupati Indramayu,  Hj Nina Agustina meminta Karang Taruna Kabupaten Indramayu bisa bersinergi mewujudkan berbagai program pembangunan. Juga penting melakukan upaya peningkatan dan penguatan fungsi maupun peran kelembagaannya di tengah-tengah masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan bupati usai melantik dan mengukuhkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Indramayu periode 2020-2025, Rabu (1/12) di Gedung PGRI Indramayu. Adapun pelaksanaan pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Bupati Indramayu Nomor: 722/Kep. 242-Dinsos/2021.

Diharapkan bupati, Karang Taruna Indramayu mampu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan program pembangunan di Indramayu. Juga mengupayakan hadirnya investasi agar bisa terwujud.

“Saya minta Karang Taruna bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu, karena saya ingin semua bisa sinergi dengan investasi yang akan kita masukan dan kembangkan untuk Indramayu,” ujarnya.

Dimintanya pula, Karang Taruna dan organisasi kepemudaan lainnya bisa berkolaborasi dengan pemerintahan di tingkat bawah dalam keikutsertaan menyalurkan bantuan sosial (bansos). Termasuk turun ke lapangan dalam melakukan pendataan masyarakat yang memperoleh bantuan.

“Karena kita kan dapat bansos dari pemerintah pusat, mungkin nanti bisa izin turun semuanya membantu kami semuanya untuk mengalokasikan kepada masyarakat. Karena memang di Indramayu dan mungkin di daerah lain pendataan kita kurang, pendataan kita tidak maksimal,” kata bupati.

Pada kesempatan itu bupati berpesan, Karang Taruna sebagai tempat berhimpunnya para pemuda harus senantiasa meningkatkan dan menguatkan fungsi maupun peran kelembagaannya di tengah-tengah masyarakat.

Serta diharapkan mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki dan menjadi sentral untuk mempercepat pembangunan di segala bidang.

Terkait pembinaan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), diharapkan bupati mampu menumbuhkan potensi dan kemampuan generasi muda di lingkungan Karang Taruna.

Hal ini dinilai perlu agar siap dan mampu mencapai tujuan organisasi. Serta mampu menjadi penggerak dalam proses pembangunan di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Indramayu, Syaefudin menyatakan, Karang Taruna Indramayu menjadi wadah kader yang potensial untuk berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan di Indramayu. “Mereka (kader Karang Taruna, red) non partisan dan mereka berpikir bagaimana berpartisipasi dalam pembangunan Indramayu untuk membantu dari semua tingkatan,” tegasnya.

Menurutnya, peran Karang Taruna sebagai mitra kerja pemerintah daerah telah dibuktikan dengan andil dalam menangani wabah Covid-19. Juga mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan hingga meningkatkan kesadaran mengikuti vaksinasi.

Syaefudin memastikan, Karang Taruna akan selalu siap jika diinstruksikan untuk berperan andil dalam penanggulangan bencana di sejumlah wilayah, termasuk akibat dampak dari curah hujan yang sudah menunjukan intensitas tinggi di Indramayu.

 “Termasuk kami siapkan program pada musim penghujan, dimana pada hari ini kita waspadai terkait masalah banjir,” tandasnya. (tar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.