Bulog Genjot Pengadaan Stok Beras Tahun 2021

oleh -2 views
BULOG. Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Ramadin Ruding menjelaskan strategi pengadaan stok beras di hadapan wartawan. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Perum Bulog Cabang Cirebon mulai melakukan pengadaan stok beras, terhitung sejak tanggal 17 Maret lalu. Bulog mulai turun ke petani-petani untuk memantau dan membeli hasil panen mereka.

Pemimpin Cabang Perum Bulog Cirebon, Ramadin Ruding mengungkapkan, pengadaan cadangan beras memang tidak dilakukan sejak awal tahun. Karena masa panen biasanya hanya berlangsung delapan bulan dalam satu tahun. Dimulai dari bulan Maret sampai Oktober.

“Masa panen itu 8 bulan pertahun, karena Januari-Februari, dan November-Desember tidak panen. Jadi untuk pengadaan, terhitung 17 Maret. Realisasi pengadaan sampai saat ini sudah ada 5.426 ton beras,” ungkap Ramadin kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Dari data yang ada, lanjut dia, per tanggal 18 sampai 29 Maret kemarin, sudah ada 5.425.650 kg beras yang masuk ke gudang Bulog. Dengan akumulasi 8.544.330 kg Gabah Kering Giling (GKG).

Ke depan, menuju puncak masa panen, Perum Bulog memprediksi pengadaan akan terus meningkat, sementara jika dilihat dari pemasukan per hari, dari 13 hari terakhir sejak mulai melakukan pengadaan, kemarin mendapatkan pemasukan tertinggi hingga 1.041 ton.

Jika berbicara di tingkat cabang se-Indonesia, maka angka tersebut merupakan angka tertinggi. Dan itu terjadi di Perum Bulog Cabang Cirebon.

“Nanti tanggal 10-20 April perkiraan puncak panen. Kita start telat karena ada pergerakan masa panen,” lanjut Ramadin.

Disoal mengenai stok, Ramadin memastikan bahwa stok beras di Bulog Cabang Cirebon aman. Sampai saat ini, masih ada stok sekitar 75 ribu ton di semua gudang yang ada di wilayah kerja Bulog Cirebon.

“Bulog masih berpihak ke petani. Stok kita banyak, bahkan tidak berbanding antara pengeluaran dan pemasukan. Masih ada 75 ribu ton. Dari kapasitas gudang kami 111.000 ton,” jelas Ramadin.

Ditambahkan dia, sesuai fungsinya, tak hanya memastikan stok aman, Perum Bulog juga berfungsi untuk menstabilkan harga. Sehingga harga di Bulog akan tetap stabil, meskipun harga di pasar fluktuatif.

“Peran Bulog juga stabilisasi harga. Baik di tingkat produsen maupun konsumen. Kita pastikan harga stabil,” kata Ramadin. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.