Buka Drive Thru, Intibios Lab Beri Kemudahan Swab Antigen dan PCR

oleh -27 views
LIHAT LAYANAN. Walikota Cirebon, Nashrudin Azis didampingi Direktur Utama Intibios Lab, Rio Abdurrachman dan Anggota Komisi III DPRD Kota Cirebon, Andi Riyanto Lie melihat langsung layanan drive thru Intibios Lab di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Rabu (21/7). FOTO: NURUL FAJRI/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sedang berada di fase melonjak tajam. Kebutuhan terhadap pengetesan keterpaparan virus Corona juga sedang tinggi. Di lain sisi, dalam proses pengetesan juga harus tetap menjaga protokol kesehatan dan kemudahan akses bagi masyarakat.

Atas kondisi itu, Intibios Lab merespons dengan menghadirkan layanan pengetesan Covid-19 tanpa turun dari kendaraan atau drive thru. Inovasi tersebut kini telah dibuka di Kota Cirebon, yakni di Jalan Siliwangi dan Jalan Rajawali Perumnas.

Dengan layanan ini, masyarakat mendapatkan layanan yang nyaman, privat, sekaligus mengurangi kerumunan warga yang berpotensi menjadi kluster penularan baru, sekaligus mengurangi mobilitas warga.

Direktur Utama Intibios Lab, Rio Abdurrachman mengatakan, tes usap atau swab test sekarang sudah menjadi kebutuhan, baik untuk keperluan melakukan perjalanan, maupun untuk memeriksakan kesehatan.

“Permintaan yang meningkat ini harus direspons dengan layanan yang lebih efisien, cepat, namun tetap memperhatikan kenyamanan dan protokol kesehatan. Kami di Intibios memberi solusi berupa layanan drive thru,” ungkapnya saat pembukaan layanan drive thru di Jalan Siliwangi, Rabu (21/7).

Menurut Rio, Kota Cirebon menjadi pionir layanan drive thru Intibios Lab di luar Jakarta. Sebelumnya, layanan ini sudah tersedia di salah satu gedung perkantoran di kawasan bisnis Thamrin-Sudirman Jakarta. Setelah ini, pihaknya juga akan membuka layanan drive thru di seluruh cabang di Indonesia.

“Di antaranya Lampung, Jakarta, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang dan Bogor. Kami berharap layanan ini dapat menjawab permintaan dan kesadaran masyarakat sehingga juga berkontribusi dalam memutus rantai tular Covid-19,” ujar Rio.

Adapun biaya tes swab PCR di Intibios Lab ditawarkan pada harga Rp750.000, di bawah batas biaya yang ditetapkan pemerintah, yakni Rp900.000. Sementara, biaya untuk tes swab antigen adalah Rp170.000.

Intibios Lab merupakan buah kolaborasi sejumlah pengusaha, dokter, dan tenaga ahli laboratorium setelah melihat Indonesia masih mengalami keterbatasan jumlah laboratorium untuk memenuhi rasio pengujian Covid-19 sesuai rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO). Kolaborasi ini digagas Enggartiasto Lukita, pengusaha senior dan mantan Menteri Perdagangan RI 2016-2019 bersama pengusaha Sumadi Seng, Belly Budiman, Then Herry, dan Rio Abdurrachman, dan dr Nanny Djaya.

Intibios Lab fokus pada tes swab PCR dan antigen, serta tes serologi yang bermanfaat dalam deteksi Covid-19. Setelah beroperasi sebagai laboratorium fokus Covid-19 sejak pertengahan 2020, Intibios Lab kini tengah bertransformasi untuk mengembangkan layanan menjadi laboratorium klinik dengan layanan yang lebih lengkap. Seperti, pemeriksaan darah untuk deteksi penyakit dan medical checkup.

Saat ini, Intibios Lab sudah memiliki 15 unit laboratorium di sembilan kota/kabupaten di seluruh Indonesia dan sudah termasuk dalam 742 laboratorium yang terdaftar di Kementerian Kesehatan. Disampaikan Rio, kehadiran layanan drive thru mendapat sambutan positif dari masyarakat.

“Karena selama ini masyarakat harus mengantre cukup lama dan harus pergi ke unit laboratorium yang jauh dari rumah. Namun, masih perlu waktu agar dinas-dinas kesehatan dari pemerintah daerah bisa melihat manfaat layanan yang sejalan dengan program pemerintah pusat ini,” kata Rio.

Sementara itu, Walikota Cirebon, Nashrudin Azis yang hadir dalam pembukaan layanan drive thru di Jalan Siliwangi menyampaikan, pihaknya menyambut baik solusi yang disediakan Intibios Lab. Di tengah kebutuhan pengetesan yang tinggi, kini masyarakat semakin memiliki pilihan laboratorium.

“Saya mengapresiasi dan berterimakasih kepada Intibios Lab yang telah berinovasi dalam pelayananannya kepada masyarakat. Dengan layanan drive thru ini, pelayanan bisa lebih cepat dan tidak ada kerumunan. Pada akhirnya, masyarakat Cirebon yang diuntungkan dan mendapat manfaat dari layanan ini,” kata Azis.

Azis menambahkan, penyelesaian pandemi ini memang membutuhkan kolaborasi dari semua pihak, termasuk swasta. Oleh karena itu, menurut dia, Intibios Lab dengan layanan yang diberikannya kepada masyarakat telah berkontribusi dalam upaya mencegah penularan Covid-19.

“Layanan ini sebagai salah satu jawaban nyata untuk mempercepat pencegahan dan penanganan Covid-19. Salah satu hal penting di dalamnya adalah pengetesan dan Intibios Lab memberikan kemudahan dalam pelayanan,” kata dia. (jri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.