BSA IAIN Kenalkan Cirebon ke Mancanegara

oleh -12 views

RAKYATCIREBON.ID – Setelah sukses menyelenggarakan kuliah umum virtual dengan dosen dan akademisi dari berbagai kampus dalam dan luar negeri pada dua semester terakhir, kini jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mencoba mempromosikan masjid, tempat bersejarah, destinasi pariwisata, dan sosial kemasyarakatan yang ada di kota Cirebon dan sekitarnya ke dunia internasional.

Terutama ke negara-negara Arab dengan cara peliputan tempat dan destinasi itu dalam bahasa Arab kemudian dipublikasikan. Awalnya, video-video ini adalah hasil tugas mandiri mahasiswa/I Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) yang mengambil Mata Kuliah Al-Arabiyah Lissihafah atau Bahasa Arab Pers atau Bahasa Arab Jurnalistik.

“Mata kuliah Bahasa Arab Jurnalistik ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa agar memiliki kompetensi yang baik dalam membuat taqrir shahafi (liputan media) dalam bahasa Arab tentang tempat-tempat bersejarah, ibadah, destinasi pariwisata, sosial kemasyarakatan di Cirebon. MK ini merupakan penguasaan skill bahasa Arab yang berkaitan dengan pers. Mahasiswa dibekali dengan kosakata, uslub, tarakib, yang dapat digunakan secara langsung dalam meliput objek mata kuliah ini,” imbuh H Rijal Mahdi Lc MA selaku dosen pengampu mata kuliah ini.

Dalam proses pembelajaran, mahasiswa dibekali dengan pola-pola kebahasaan terlebih dahulu, kemudian mereka diminta membuat skrip berbahasa Indonesia tentang lokasi yang akan diliput. Setelah skrip bahasa Indonesia dipastikan telah sesuai dengan standar materi yang diajarkan, mahasiswa kembali mengalih bahasakan skrip bahasa Indonesia yang telah diperiksa kedalam bahasa Arab.

“Terangnya, mata kuliah ini mengasah semua skill kebahasaan dan merupakan akumulasi pembelajaran selama mahasiswa menimba ilmu di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA),” tandas Rijal.

Proses alih bahasa skrip kedalam bahasa Arab, dikawal dan diperiksa langsung oleh dosen pengampu mata kuliah dan dikembalikan kepada mahasiswa untuk proses perbaikan skrip yang sudah final. Sekilas tentang H Rijal Mahdi Lc MA selain bekerja sebagai dosen, dia juga mendapatkan beberapa kepercayaan dari lembaga dan kementerian (BAZNAS RI, PUPR, Dll) dalam menerjemahkan buku-buku dan panduan promosi pariwisata Indonesia kedalam bahasa Arab.

“Kedepan, Jurusan BSA berpeluang melakukan kerjasama strategis dengan pemerintah daerah setempat, lembaga, kementerian atau pihak swasta lain dalam mempromosikan Indonesia ke dunia Arab,” imbuh Erfan Gazali MSI selaku Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA).

Menurutnya, hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara Liga Arab merupakan peluang besar bagi lulusan bahasa dan sastra Arab dalam membantu Indonesia dalam mempromosikan budaya, pariwisata, perdagangan dan lainnya ke luar negeri.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) IAIN Cirebon, Wakhid Nashruddin, PhD menambahkan bahwa Jurusan BSA adalah jurusan baru di IAIN Cirebon yang sangat enerjik. “Kekayaan jurusan BSA terletak pada sumber daya manusia muda yang sangat energik, mempunyai semangat kolaboratif yang tinggi untuk memajukan jurusan, oleh karenanya kami mencoba mengembangkan potensi-potensi luar biasa ini untuk memajukan lembaga dan berkontribusi untuk Indonesia dalam hal-hal yang berkaitan dengan kebahasaaraban,” tandasnya.

Beberapa contoh video hasil liputan mahasiswa BSA tentang masjid, tempat bersejarah, destinasi pariwisata, dan sosial kemasyarakatan di Cirebon dapat dinikmati dalam program liputan khusus prodi BSA pada kanal youtube BSA dan Amaany for Arabic and Translation. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.