Belasan guru MI Ikut Pelatihan Flipped Learning

oleh -2 views

RAKYATCIREBON.ID – Pandemi Covid 19 yang tak kujung mereda memaksa, guru untuk senantiasa malakukan inovasi terutama dalam proses pembelajaran. Banyak sekali model pembelajaran yang bisa di implementasikan, salah satunya adalah flipped learning. Flipped learning tentu sangat cocok digunakan oleh guru sebagai alternatif pembelajaran daring dan tatap muka yang terbatas.

Hal tersebut di ungkapkan Dosen STKIP Muhammadiyah Irfan Fajrul Falah, M.Pd disela pelatihan penerapan flipped learning bagi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di MI Al Islamiyah Bhakti Buana Sangkanhurip, kemarin.

Menurut Irfan, pelatihan sendiri berlokasi diikuti oleh kurang lebih 14 guru MI yang merupakan perwakilan dari tujuh madrasah ibtidaiyah yang ada di wilayah Kecamatan Cigandamekar.

“Dalam kegiatan pelatihan, tidak hanya flipped learning melainkan juga guru-guru di ajak untuk membuat video lecturing yang nantinya akan digunakan dalam flipped learning,” ujarnya.

Dalam pembuatan video sendiri, kata Irfan, dibantu oleh beberapa mahasiswa dari PGSD dan juga PBSD. Ini juga merupakan kesempatan buat mahasiswa untuk eksplorasi terhadap keterampilan membuat dan meng-edit video lecturing.

“Kegiatan PKM ini berlangsung selama dua hari 22-23 Juli 2021, semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat,” terangnya.

Irfan yang juga merupakan ketua pengabdian mengapresiasi pihak madrasah dan juga STKIP Muhammadiyah Kuningan, yang telah mendukung secara penuh sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik.

“Sebagai bentuk pengabdian, kegiatan tersebut juga diharapkan bisa menjadi media promosi kampus agar semakin dikenal luas oleh masyarakat,” jelas Irfan yang didampingi pemateri Dodi Ahmad Herudin, M.Pd.I.

Sementara itu, Nunung Nurhasanah, S.Pd.SD salah seorang peserta pelatihan mengungkapkan, kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan ibarat Handphone, guru juga perlu di re-charge dan di upgrade pengetahuannya, agar proses pembelajaran yang dilakukan bisa maksimal.

“Kami ucapkan terimakasih atas terlaksananya pelatihan ini, dengan adanya pelatihan ini kami mendapat ilmu dan wawasan baru di dunia pendidikan,” pungkasnya. (ale)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.