Baznas RI Puji Terobosan Baznas Kota Cirebon

oleh -2 views
SEKRETARIS UTAMA. Sekretaris Utama Baznas RI, Dr H Ahmad Zayadi berkunjung ke kantor Baznas Kota Cirebon. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON

RAKYATCIREBON.ID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon mendapat kunjungan tamu kehormatan dari Sekretaris Utama Baznas Republik Indonesia. Kedatangan pejabat Baznas pusat tersebut, untuk memastikan fungsi Baznas di daerah, khususnya di Kota Cirebon berjalan dengan baik.

Diwawancarai usai menggelar pertemuan tertutup dengan tiga Komisioner Baznas Kota Cirebon, Sekretaris Utama Baznas RI, Dr H Ahmad Zayadi mengungkapkan, tujuan kunjungannya untuk silaturahmi sekaligus memantau perjanalan Baznas di Kota Cirebon.

“Kami ke Kota Cirebon untuk silaturahmi. Kemudian, untuk menegaskan posisioning lembaga Baznas. Bahwa Baznas adalah lembaga non struktural. Jadi kita bertindak untuk dan atas nama negara,” ungkap Zayadi kepada Rakyat Cirebon.

Kepada Baznas di Kota Cirebon, Zayadi memberikan beberapa catatan. Bahwa dalam melaksanakan setiap kegiatan dan aktivitas, untuk selalu mengacu kepada tiga bentuk keamanan.

Tiga bentuk keamanan yang dimaksud, adalah keamanan secara regulasi. Baznas harus bergerak sesuai ketentuan dan dasar hukum yang ada.

Kemudian, keamanan secara Syar’i. Dalam hal ini, pengelolaan zakat mulai dari pengumpulan sampai pendistribusian harus sesuai ketentuan Syar’i yang ada.

“Aman Regulasi, aman Syar’i dan aman NKRI. Aman NKRI maksudnya kita berjalan sesuai identitas kelembagaan Baznas,” jelas Zayadi.

Secara umum, ditambahkan Zayadi, dari laporan yang disampaikan komisioner, serta pemaparan perwakilan dari Pemkot Cirebon tentang pandangannya terhadap Baznas, Baznas Kota Cirebon sudah banyak melakukan peningkatan-peningkatan, program-program yang menjadi inisiatif Baznas Kota Cirebon disebut Zayadi bisa dan harus diadopsi oleh Baznas di daerah lain.

“Di sini banyak inisiatif program. Banyak terobosan serta berbagai strategi pengumpulan zakat. Saya kira ini luar biasa. Banyak hal baru yang perlu ditiru di tempat lain. Seperti ada Z-Mart. Bahkan Z-Mart ini akan diadopsi oleh beberapa negara di Afrika. Kita punya keinginan, dari Baznas di Indonesia, bisa mewarnai dunia,” kata Zayadi.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Cirebon, M Taufik SAg mengatakan, kedatangan Sekretaris Utama Baznas RI menjadi kebanggaan tersendiri. Karena di wilayah Ciayumajakuning, Kota Cirebon menjadi daerah pertama yang dikunjungi.

Dikatakan Taufik, dalam kunjungannya kemarin, Sekretaris Utama Baznas RI banyak memberikan motivasi dan edukasi terkait bagaimana membangun kemitraan dengan semua pihak dalam rangka pengumpulan zakat agar lebih maksimal.

“Beliau banyak bercerita tentang strategi pengumpulan dan pendistribusian. Ini sangat bermanfaat bagi kami. Arahan beliau akan menjadi pegangan bagi kami untuk peningkatan ke depan,” kata Taufik. (sep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.